Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Ekuador Tantang Argentina, Venezuela Ketemu Kanada di Perempatfinal Copa America 2024

×

Ekuador Tantang Argentina, Venezuela Ketemu Kanada di Perempatfinal Copa America 2024

Sebarkan artikel ini

AMERIKA SERIKAT, Kalimantanpost.com – Tim nasional Ekuador akan menantang juara Grup A Argentina dan Venezuela menghadapi runner up Grup A Kanada pada Sabtu (6/7) dalam pertandingan perempatfinal di perempat final Copa America 2024.

Ekuador melaju kedelapan besar setelah bermain imbang 0-0 melawan Meksiko dalam pertandingan terakhir Grup B yang digelar di Glendale Arizona, Senin (1/7//2024) WIB, sekaligus menyingkirkan tim Negeri Sombrero tersebut dengan perbedaan selisih gol.

Sementara Venezuela berhasil menjadi juara Grup B dengan poin 9 usai menumbangkan tim lemah Jamaika dengan skor telak 3-0.

Meksiko terpaksa tersingkir dari turnamen setelah finis di posisi ketiga Grup B, kalah selisih gol dari Ekuador meski sama-sama mengumpulkan 4 poin.

Pada babak pertama, Meksiko melancarkan serangan dengan intensitas tinggi karena mereka membutuhkan kemenangan. Namun kurangnya kualitas dalam penyelesaian membuat mereka gagal mencatatkan tembakan tepat sasaran.

Tim asuhan Jaime Lozano terus menekan setelah jeda. Bek Meksiko Gerardo Arteaga hampir mencetak gol di babak kedua, namun digagalkan oleh tekel dari bek Ekuador Felix Torres. Penyerang Meksiko Julian Quinones dua kali melancarkan tembakan, termasuk salah satunya dari luar kotak penalti dan menargetkan pojok gawang, namun kiper Ekuador, Alexander Dominguez, masih bisa menyelamatkan gawangnya.

Meksiko terus menyerang habis-habisan dalam upaya mencari gol kemenangan. Pemain Meksiko Johan Vasquez melancarkan tembakan jarak jauh yang memaksa kiper Ekuador Alexander Dominguez melakukan penyelamatan di menit ke-71. Sebelumnya, tendangan jarak dekat penyerang Meksiko Santiago Gimenez juga gagal karena menghantam tiang kanan gawang.

Pada waktu tambahan delapan menit, wasit memberikan penalti bagi Meksiko setelah Felix Torres dari Ekuador terlihat melanggar Guillermo Martinez di dalam kotak penalti. Namun keputusan penalti dibatalkan setelah wasit meninjau ulang secara langsung video VAR di pinggir lapangan.

Baca Juga:  Penalti Kontroversial, Indonesia U-23 Gagal ke Olimpiade Kalah 0-1 atas Guinea

Tayangan ulang menunjukkan Torres menyentuh bola dalam upayanya menghadang Martinez yang membuat penalti tersebut dibatalkan.

Sementara itu Venezuela mengalahkan Jamaika dengan skor telak 3-0 dalam pertandingan yang berlangsung di Q2 Stadium Austin Texas, Senin WIB.

Venezuela sebelumnya telah memastikan tempat di delapan besar dengan kemenangan atas Ekuador dan Meksiko. Mereka hanya membutuhkan satu poin saat melawan Jamaika untuk memastikan posisi teratas fase grup dan menghindari juara bertahan Argentina di babak delapan besar.

Gol pertama Venezuela dicetak oleh Eduard Bello dengan sundulan kuat yang mengarah ke bawah pada menit ke-49, membawa tim Amerika Selatan tersebut unggul. Penyerang veteran Salomon Rondon kemudian menggandakan keunggulan Venezuela pada menit ke-56, memanfaatkan umpan terobosan dari Yangel Herrera dan menyarangkan bola ke gawang melewati kiper Jamaika, Jahmali Waite.

Eric Ramirez menambah gol ketiga pada menit ke-85 melalui serangan balik yang cepat setelah menerima umpan dari Kervin Andrade

Dengan kemenangan ini, Venezuela sekaligus mempertahankan rekor tak terkalahkan dalam fase grup seperti yang juga dilakukan oleh Argentina dengan tiga kemenangan dari tiga laga. Upaya tersebut sekaligus memastikan Jamaika yang sudah dipastikan tersingkir dari kompetisi tak pernah meraih kemenangan di kompetisi ini. (Ant/ful/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup B
Minggu (23/6)

  • Meksiko vs Jamaika 1-0
  • Venezuela vs Ekuador 2-1

Kamis (27/6)

  • Ekuador vs Jamaika 3-1
  • Meksiko vs Venezuela 0-1

Senin (1/7)

  • Venezuela vs Jamaika 3-0
  • Meksiko vs Ekuador 0-0

Klasemen Akhir

  1. Venezuela 3 3 0 0 6-1 9
  2. Ekuador 3 1 1 1 4-3 4
  3. Meksiko 3 1 1 1 1-1 4
  4. Jamaika 3 0 0 2 1-10 0
Iklan
Iklan