Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Gulat Ingin Pertahankan Tradisi Emas di PON XXI Sumut – Aceh

×

Gulat Ingin Pertahankan Tradisi Emas di PON XXI Sumut – Aceh

Sebarkan artikel ini
Atlet gulat Kalsel yang dipersiapkan menghadapi PON XXI di Sumut- Aceh, 6-21 September 2024. (Kalimantanpost.com/Repro pribadi)

BANJARMASIN, Kalimantanpost.com – Cabang olahraga gulat Kalimantan Selatan (Kalsel) ingin mempertahankan tradisi medali emas pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Sumatera Utara – Aceh, 6-21 September 2024 mendatang.

Di PON XX November 2021 lalu di Papua, gulat mendulang 2 emas dan 4 perunggu di ajang perhelatan PON XX Papua yang lalu.

Dua emas tersebut melalui Arbainsyah yang turun di kelas gaya bebas 65 kilogram putra dan Fahriansyah di kelas 86 kilogram gaya bebas putra.

“Kita ingin kembali menyumbangkan medali emas di PON XXI ini. Target awal kita tak terlalu muluk hanya satu medali emas dulu,” ujar Zulhaidir, pelatih gulat gaya bebas Kalsel, Minggu (7/7/2024).

Satu medali emas itu diharapkan diharapkan disumbangkan pegulat senior, Fahriansyah yang akan turun di kelas 86 kilogram gaya bebas putra.

Namun, kata Zulhaidir, pegulat muda lainnya diharapkan bisa bikin kejutan menyumbangkan medali emas bagi kontingen Kalsel di PON XXI mendatang.

Apalagi di Pra PON Gulat di Jakarta, November 2023 lalu, beberapa atlet gulat Kalsel meraih medali emas diantaranya disumbangkan Kahfi Idzhar Al Qhusy di nomor Gaya Grego Roman kelas 67 kg, dan Nastrusnicu Roxana Andrea di gaya Bebas Putri kelas 76 kg, Fahriansyah di kelas 86 kg putra.

Namun, Pra PON XXI lalu bukan suatu ukuran karena beberapa atlet gulat peraih medali di SEA Games tidak turun.

Jadi, kata Zulhaidir, pihaknya cukup realistis hanya menargetkan satu medali emas saja.

“Kita meloloskan 15 orang pegulat di PON XXI nanti. Jumlah ini lebih banyak dibandingkan PON sebelumnya. Banyaknya atlet yang lolos, saya harapkan ada kejutan-kejutan dari pegulat kita meraih medali emas, perak maupun perunggu untuk melebihi target yang kita buat,” ujar Zulhaidir.

Baca Juga:  Roxana Prioritaskan Membeli Vitamin dan Suplemen

Menurut ASN yang bertugas di Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalsel ini, ke-18 pegulat tersebut melaksanakan latihan intensif dua kali sehari di GOR Hasanuddin HM maupun latihan fisik di Stadion Lambung Mangkurat Banjarmasin.

“Kemarin kami ada melakukan try out ke Jakarta untuk mengetahui perkembangan latihan selama ini,” paparnya.

Rencananya, lanjut mantan pegulat nasional ini pegulat Banua akan melakukan try out ke luar negeri. “Kita masih melihat negara mana yang akan dipilih untuk melakukan try out, kemungkinan ke Turki,” ucapnya. (ful/KPO-3)

Iklan
Iklan