Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
EKONOMIPalangka Raya

Kadis Kominfosantik dan Kepala BPS Kalteng Bahas Kolaborasi Sistem Statistik Nasional

×

Kadis Kominfosantik dan Kepala BPS Kalteng Bahas Kolaborasi Sistem Statistik Nasional

Sebarkan artikel ini
Pertemuan Kadis kominfisantik Agus Siswadi dan Kepala BPS Kalteng Widiastuti. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian dan Statistik (Diskominfosantik)
Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Agus Siswadi menerima kunjungan kerja Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kalteng Agnes Widiastuti beserta jajaran, di Palangka Raya, Senin (8/7/2024).

Pertemuan tersebut bertujuan untuk melakukan kerja sama terkait dengan Kolaborasi Sistem Statistik Nasional.

Kepala BPS Agnes Widiastuti meminta dukungan dari Diskominfosantik Kalteng terkait dengan surat dari Deputi Bidang Metodologi dan Informasi Statistik Nomor B67/03000/PS.200/2024 tanggal 3 Juni 2024 perihal Undangan Peserta Walidata Tingkat Daerah pada Kolaborasi Sistem Statistik Nasional yang ditujukan kepada BPS Kalteng.

Kepala BPS Kalteng Agnes Widiastuti mengatakan sesuai undangan dimaksud, kegiatan tersebut dilaksanakan selama dua hari yakni Rabu-Kamis, pada Tanggal 10-11 Juli 2024 mendatang di The Stones Hotel-Legian Bali, Autograph Collection Jl. Raya Pantai Kuta Banjar Legian Kelod Legian Bali.

Kegiatan dilakukan dengan mekanisme cost-sharing antara BPS sebagai penyelenggara dengan Dinas yang menangani urusan statistik (walidata) tingkat provinsi.

Diskominfosantik Kalteng yang diundang sebagai peserta yakni Plt Kepala Seksi Pengelolaan Statistik dan Sistem Informasi Charly L. Illem dan Pranata Komputer Ahli Madya Ari Gunadi Palilu.

Dalam kegiatan tersebut akan dilaksanakan diskusi panel narasumber dari Kementerian Dalam Negeri terkait Pemanfaatan Data-data Statistik Sektoral pada e-Walidata Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD).

Dari Kementerian PANRB terkait Tata Kelola Data Berbasis Arsitektur SPBE untuk Mewujudkan Pemerintahan Digital yang Efektif, Lincah, dan Kolaboratif, dari Kementerian Komunikasi dan Informasi terkait kebijakan penerapan interoperabilitas data dtatistik di tingkat daerah.

Lalu, dari Kementerian PPN/Bappenas terkait Perkembangan Penyelenggaraan Satu Data Indonesia di Tingkat Daerah.

Diskusi panel akan dilanjutkan narasumber oleh Direktur Diseminasi Statisik terkait Penguatan Penyelenggaraan Statistik Sektoral pada Pemerintah Daerah dan Deepa Wright (ABS Strategic Partnership Manager, Data Strategy – Statistics Indonesia) terkait Data Stewardship and The National Statistical System in Australia.

Baca Juga:  Harga Beras Unus Capai Rp20.000/Liter

Kemudian dilanjutkan diskusi panel oleh Kepala Bappeda Provinsi Bali terkait Penyelenggaraan Forum Satu Data Bali dan Kepala Diskominfos Provinsi Bali terkait Penyediaan Data Statistik Sektoral pada Pemerintah Provinsi Bali.

Kepala Diskominfosantik Kalteng Agus Siswadi berkomitmen mendukung urusan statistik sektoral terkait dengan pelaksanaan fungsi menyusun, mengolah, dan mengumpulkan metadata sektoral untuk keakuratan data statistik. Sehingga data yang disusun dan dikumpulkan dapat dipertanggungjawabkan.

Kegiatan statistik sektoral merupakan kegiatan pengumpulan, pengolahan, analisis, dan diseminasi data statistik sektoral lingkup provinsi baik secara elektronik maupun manual, dalam rangka memenuhi kebutuhan data untuk menunjang perencanaan daerah, serta untuk melihat sejauh mana kemajuan pembangunan daerah, khususnya di tingkat provinsi. (drt/KPO-3)

Iklan
Iklan