Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Hulu Sungai Selatan

Kelompok Tani se-HSS Diberikan Alat Mesin Pertanian

×

Kelompok Tani se-HSS Diberikan Alat Mesin Pertanian

Sebarkan artikel ini
ALSINTAN - Dibagikan untuk 113 Kelompok Tani. (KP/Ist)

Kandangan, KP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS), membagikan bantuan alat mesin pertanian (Alsintan), Rabu (3/7/2024) pagi di Halaman Kantor Dinas Pertanian, Jalan Singakarsa, Kelurahan Kandangan Barat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Muhammad Noor menerangkan, bantuan hibah Alsintan yang dibagikan berasal dari dana APBN untuk para kelompok tani di HSS.

“Bantuan ini merupakan Tahap 2 yang dibagikan, yakni berupa 8 unit traktor, 104 buah pompa air, dan 1 unit power threser yang dibagikan kepada 113 kelompok tani,” sebut Muhammad Noor.

Ditambahkannya, pada Tahap pertama lalu, sudah dibagikan sebanyak 7 unit hand traktor, dan 11 buah pompa air untuk 18 kelompok tani.

Ia menerangkan, tujuan pemberian hibah Alsintan adalah untuk menjaga stabilisasi produksi pertanian. Bantuan diprioritaskan untuk para petani di kawasan tadah hujan dan daerah rawa.

“Khususnya di daerah rawa dengan pemberian pompa air, untuk antisipasi jika terjadi kekeringan. Sedangkan traktor adalah untuk percepatan pengolahan tanah menjadi lebih efektif dan efisien, sehingga bisa mengurangi biaya produksi,” jelas Kadistan.

Sementara itu, Penjabat Bupati HSS Hermansyah, melalui sambutan tertulis yang dibacakan Asisten Bidang Pemerintahan dan kesejahteraan Rakyat Setda, mengucapkan selamat kepada para penerima manfaat.

Pj Bupati berpesan, bantuan tersebut dimanfaatkan dan dipelihara dengan sebaik-baiknya, dalam rangka mendukung keberlangsungan swasembada pangan di daerah.

“Semoga ini bisa menjadi nilai tambah produksi pertanian, untuk mendorong dan membangkitkan tumbuhnya para petani milenial,” tuturnya.

Menurut Pj Bupati, hal itu juga dalam rangka mendukung terciptanya pertanian dari hulu ke hilir yang terintegrasi dengan dunia digital saat ini. (tor/K-6)

Iklan
Baca Juga:  Pastikan Program Bansos UEP Berjalan Bupati HSS Berdialog Dengan Penerima
Iklan