Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Kolombia Andalkan Kolektivitas Redam Tekanan Uruguay di Semifinal Copa Amerika 2024

×

Kolombia Andalkan Kolektivitas Redam Tekanan Uruguay di Semifinal Copa Amerika 2024

Sebarkan artikel ini
Para pemain Uruguay menjalani sesi latihan satu hari menjelang pertandingan semifinal Copa America 2024 kontra Kolombia di Sportsplex Matthews, North Carolina, pada 9 Juli 2024. (Kalimantanpost.com/Antara/ AFP)

AMERIKA SERIKAT, Kalimantanpost.com – Pertarungan seru dan menaril mewarnai duel antara Timnas Uruguay menghadapi Kolombia pada babak semifinal Copa America 2024 di Stadion Bank of America, Charlotte, Karolina Utara, Kamis (11/7/2024) pukul 07.00 WIB.

Pertandingan ini dinilai sebagai duel dari negara dua unggulan yang dapat tampil menjanjikan sepanjang gelaran Copa America 2024.

Uruguay dan Kolombia sama-sama secara melangkah mulus melaju ke semifinal, dan kedua negara berpeluang menambah torehan gelar juara Copa America mereka.

Secara total Copa America yang diraih, Uruguay menang telak atas Kolombia, namun elemen-elemen kejutan sangat mungkin terjadi pada pertandingan nanti.

Uruguay di bawah asuhan pelatih Marcelo Bielsa selama kiprahnya pada Copa America 2024 selalu menampilkan permainan menjanjikan sejak babak penyisihan grup.

Tergabung di Grup C, Uruguay tercatat mampu menyapu bersih tiga pertandingannya, termasuk mengalahkan tuan rumah Amerika Serikat.

Pada pertandingan pertamanya di fase grup, Uruguay tercatat mampu mengalahkan Panama dengan skor 3-1 berkat gol Maximiliano Araujo, Darwin Nunez dan Matias Vina.

Uruguay melanjutkan tren positif mereka pada pertandingan kedua dengan mengalahkan sesama negara Amerika Selatan Bolivia dengan skor telak 5-0.

La Celeste mendapatkan perlawanan sengit pada pertandingan terakhir kontra tuan rumah Amerika Serikat, namun mereka mampu memenangkan laga dengan skor tipis 1-0.

Selanjutnya pada babak perempat final Copa America 2024, Uruguay menyingkirkan salah satu favorit juara Brazil lewat drama adu penalti setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit.

Pertandingan kontra Kolombia nantinya akan menjadi ujian kelayakan Uruguay melaju ke semifinal karena pada partai puncak akan menghadapi juara bertahan Argentina

Kolombia akan mengandalkan kolektivitas ketika menghadapi Uruguay pada semifinal, sebagaimana yang mereka lakukan ketika babak penyisihan grup hingga perempat final.

Baca Juga:  Argentina Raih Gelar ke-16 Copa Amerika, Kalahkan Kolombia di Extra Time

Pada babak penyisihan Grup D, Kolombia mengawali dengan kemenangan 2-1 atas Paraguay berkat gol dari Daniel Munoz dan Jefferson Lerma.

Selanjutnya Kolombia kembali menciptakan kemenangan atas Kosta Rika lewat gol-gol yang diciptakan oleh Luis Diaz, Davinson Sanchez dan Jhon Cordoba. Pada pertandingan pamungkas fase grup, Kolombia menahan imbang Brasil 1-1.

Pada babak perempat final, Kolombia melaju dengan mudah setelah mengalahkan telak Panama dengan skor 5-0 melalui gol-gol Jhon Cordoba, James Rodriguez, Luis Diaz, Richard Rios dan Miguel Borja.

Melihat pencapaian Kolombia ini, terlihat hampir semua pemain dapat berkontribusi dengan baik dan pemain senior James Rodriguez nampak terlahir kembali dengan mencatatkan satu gol serta lima assist.

Skuad asuhan Nestor Lorenzo diyakini akan kembali mengandalkan kolektivitas mereka untuk membendung tekanan dan mengimbangi permainan Uruguay.

Pada rekor pertemuan kedua negara, Uruguay tercatat unggul tipis atas Kolombia dengan mampu mencatatkan 20 kemenangan, 11 hasil imbang dan menelan 14 kekalahan.

Meskipun unggul secara keseluruhan, pada lima pertemuan kedua negara terlihat seimbang dengan tiga pertandingan berakhir imbang, sedangkan Uruguay dan Kolombia masing-masing mengamankan satu kemenangan.

Pada pertemuan terakhir kedua negara, Uruguay ditahan imbang Kolombia dengan skor 2-2 pada babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Conmebol di Stadion Metropolitano Roberto Meléndez, Barranquilla, Kolombia (12/10/2023)

Kemenangan yang didapatkan Uruguay pada lima pertemuan terakhir terjadi pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan mengalahkan Kolombia 3-0 lewat gol Edinson Cavani, Luis Suarez dan Darwin Nunez.

Sementara itu, kemenangan Kolombia diraih pada babak perempat final Copa America 2021 lewat drama tendangan adu penalti setelah bermain imbang 0-0 selama waktu normal.

Pelatih Uruguay Marcelo Bielsa mengatakan jika timnya menaruh kewaspadaan penuh terhadap Kolombia yang menurutnya merupakan salah satu rival besar.

Baca Juga:  Ujian Argentina Pertahankan Gelar Lawan Ekuador di Perempatfinal Copa America 2024

Pelatih berkebangsaan Argentina itu menjelaskan jika dirinya sama sekali rencana cadangan untuk membendung Kolombia andai strategi utama mereka mentok.

“(Kolombia) adalah rival besar, mereka sedang meraih hasil positif, dan ada juga pengetahuan di antara skuad dan manajer. Tentu saja, bermain melawan Brasil hanya bisa dilihat dari satu sisi, sebagai kompetisi yang paling menuntut, begitu pula Kolombia,” ungkap Bielsa.

“Ini adalah tim yang memiliki pemain-pemain kuat, sistem permainan yang terkonsolidasi dan memiliki banyak waktu serta kerja kolektif di belakangnya, yang memberikan gaya kesatuan tertentu,” tegasnya.

Sementara itu, pelatih Kolombia Nestor Lorenzo menjelaskan jika La Cafeteros sudah siap untuk menghadapi tantangan dari Uruguay.

Lorenzo berharap jika James Rodriguez serta kolega dapat melanjutkan tren positif mereka yang tercatat tak terkalahkan pada 22 laga terakhir mereka atau Februari 2022 silam.

“Saya tidak tahu apakah kedua tim ini memainkan sepakbola terbaik (di turnamen). Tapi saya pikir ini adalah dua tim yang mengusulkan, tidak pasif, yang keluar dan mencari kemenangan dan itu akan memberikan pertunjukan bagus besok,” kata Lorenzo.

“Uruguay, selain memiliki pemain-pemain terbaik di dunia dan berkualitas tinggi, juga memiliki semangat kompetitif yang sangat kuat untuk mencapai keunggulan. Saya pikir itulah tantangan terbesarnya, untuk bersaing di level tersebut dan bermain lebih baik. Ini akan menjadi perjuangan yang berat, tetapi itulah yang kami tuju,” pungkasnya.

Uruguay dipercaya akan tetap menggunakan formasi 4-2-3-1 untuk menghadapi Brasil dan mempercayakan Sergio Rochet di posisi penjaga gawang.

Empat bek ditempati oleh Nahitan Nandez, Ronald Araujo, Matias Oliveira serta Matias Vina. Selanjutnya dua gelandang diisi Manuel Ugarte serta Federico Valverde.

Pada posisi sayap dihuni oleh Facundo Pellistri dan Maximiliano Araujo, lalu Nicolas de la Cruz sebagai gelandang serang dan Darwin Nunez menjadi ujung tombak.

Baca Juga:  Tiga atlet Angkat Besi Kalsel Lolos PON

Sementara itu, Kolombia diperkirakan akan tampil dengan formasi andalan sejak fase grup dengan formasi 4-3-3 dengan posisi penjaga gawang masih akan ditempati Camillo Vargas, sedangkan posisi empat bek dihuni Daniel Munoz, Carlos Cuesta, Davinson Sanchez dan Johan Mojica.

Sementara itu, tiga gelandang diisi Mateus Uribe, Richard Rios dan James Rodriguez. Lini depan dihuni Jhon Arias, Luis Diaz dan Jhon Cordoba.

Berikut prediksi sebelas pertama Uruguay vs Kolombia:

Uruguay (4-2-3-1): Sergio Rochet; Nahitan Nández, Ronald Araújo, Mathías Olivera, Matías Viña; Manuel Ugarte, Federico Valverde; Facundo Pellistri, Nicolás de la Cruz, Maximiliano Araújo, Darwin Núñez.

Pelatih: Marcelo Bielsa (Argentina)

Kolombia (4-3-3): Camilo Vargas; Daniel Muñoz, Carlos Cuesta, Davinson Sánchez, Johan Mojica; Mateus Uribe, Richard Ríos, James Rodríguez; Jhon Arias, Luis Díaz, Jhon Córdoba.

Pelatih: Néstor Lorenzo (Argentina).

Berikut lima pertemuan terakhir kedua negara:

(12/10/2023) Kolombia 2 – 2 Uruguay (Kualifikasi Piala Dunia 2026)

(08/10/2021) Uruguay 0 – 0 Kolombia (Kualifikasi Piala Dunia 2022)

(04/07/2021) Uruguay 0 – 0 Kolombia * (Copa America 2021)

(14/11/2020) Kolombia 0 – 3 Uruguay Kualifikasi Piala Dunia 2022)

(11/10/2016) Kolombia 0 – 0 Uruguay (Kualifikasi Piala Dunia 2018)

Iklan
Iklan