Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Kolombia versus Brazil Imbang Bawa Lolos ke Perempatfinal Copa America 2024

×

Kolombia versus Brazil Imbang Bawa Lolos ke Perempatfinal Copa America 2024

Sebarkan artikel ini
Pemain Kolombia Davinson Sanchez (kiri) menendang bola sambil dibayangi oleh pemain Brasil Rodrygo dalam laga Grup D Copa America 2024 di Santa Clara California, antara Brasil melawan Kolombia yang berakhir imbang 1-1. (Antara/AFP)

CALIFORNIA, Kalimantanpost.com – Kolombia dan Brazil mengamankan tempat di perempat final Copa America 2024 dengan kedua tim berbagi poin setelah bermain imbang 1-1 pada pertandingan terakhir Grup D di Levi’s Stadium Santa Clara California, Rabu (3/7/2024) WIB.

Hasil ini memastikan Kolombia lolos sebagai juara Grup D dengan dua menang dan satu kalah, sementara Brazil berada di bawahnya yang mengumpulkan 5 poin dari satu menang dan dua seri.

Dipertandingan lainnya Grup D, Kosta Rika walau pun menang 2-1 atas Paraguay dalam pertandingan terakhir yang digelar di Q2 Stadium Austin Texas, Rabu WIB, tidak cukup untuk membawa mereka ke perempat final setelah finis di posisi ketiga.

Kosta Rika harus pulang dengan mengumpulkan empat poin di peringkat tiga grup lewat catatan satu menang, satu imbang, dan satu kalah.

Sementara Paraguay tersingkir setelah tidak pernah memetik kemenangan dalam kompetisi.

Kolombia memulai pertandingan dengan bermain lebih baik, namun Brazil terlebih dahulu mencetak gol pada menit ke-12. Raphinha mencetak gol indah melalui tendangan bebas yang meluncur ke pojok atas gawang, membuat kedudukan menjadi 1-0.

Kolombia melakukan ancaman lebih banyak dibandingkan Brasil dengan mencatat 13 tembakan dengan 6 di antaranya tepat sasaran. Mereka terus memberikan ancaman dengan Rodriguez melepaskan tendangan voli yang melambung di atas mistar gawang pada menit ke-16.

James Rodriguez yang sejak awal kompetisi selalu menjadi kreator gol-gol Kolombia menyangka telah memberikan assist untuk gol penyama kedudukan dari Davinson Sanchez pada menit ke-19, namun gol tersebut dianulir karena offside setelah peninjauan VAR.

Ketegangan meningkat di pertengahan babak pertama, dengan wasit Jesus Valenzuela dari Venezuela mengeluarkan tiga kartu kuning dalam waktu singkat untuk Deiver Machado dan Jefferson Lerma dari Kolombia serta Joao Gomes dari Brasil.

Baca Juga:  Tanah Laut Juara Umum Porda SOIna Provinsi Kalsel

Kolombia tampil lebih percaya diri sepanjang babak pertama dan mendapatkan hasilnya di masa perpanjangan waktu atau pada menit 45+2, dengan Munoz melepaskan tembakan keras setelah menerima umpan apik dari penyerang veteran Jhon Cordoba.

Gol penyama kedudukan dari Daniel Munoz cukup untuk membawa Kolombia meraih satu poin setelah Raphinha membawa Brasil unggul lebih dulu melalui tendangan bebas pada menit ke-12.

Dengan hasil ini, Kolombia melaju ke babak gugur sebagai juara Grup D dan akan menghadapi runner-up Grup C, Panama, di Glendale, Arizona, pada Minggu (7/7). Sementara Brasil harus menghadapi pertandingan besar melawan rival berat mereka, Uruguay, yang memuncaki Grup D dengan catatan sempurna pada pertandingan di Las Vegas pada Minggu.

Namun, Brasil harus membayar mahal tiket perempat final Copa America 2024 dengan kehilangan pemain bintang Real Madrid, Vinicius Jr. Vini dipastikan absen pada laga melawan Uruguay, setelah menerima kartu kuning kedua dalam turnamen ini karena pelanggaran terhadap James Rodriguez pada awal pertandingan. (Ant/KPO-3)

Hasil Pertandingan
Grup D
Selasa (25/6)

  • Kolombia vs Paraguay 2-1
  • Brazil vs Kosta Rika 0-0

Sabtu (29/6)

  • Kolombia vs Kosta Rika 3-0
  • Paraguay vs Brazil 1-4

Rabu (3/7)

  • Brazil vs Kolombia 1-1
  • Kosta Rika vs Paraguay 2-1

Klasemen Sementara

  1. Kolombia 3 2 1 0 6-2 7
  2. Brazil 3 1 2 0 5-2 5
  3. Kosta Rika 3 1 1 1 3-5 4
  4. Paraguay 3 0 0 3 3-7 0

Iklan
Iklan