Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
HEADLINE

Memastikan tak Ada Lagi Desa Tertinggal

×

Memastikan tak Ada Lagi Desa Tertinggal

Sebarkan artikel ini
DISAMBUT - Paman Birin beserta rombongan disambut antusiasme oleh warga Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu, Rabu (3/7). ( Adv)

Turdes Hari ke-3, Paman Birin Temui Warga

MESKI sempat diguyur hujan, antusiasme masyarakat Komplek Berkah Hunian Permai (BHP) Sungai Kecil, Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu tidak surut untuk menyambut kedatangan Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor atau akrab disapa Paman Birin, Rabu (3/7).

Paman Birin beserta rombongan tiba di lokasi acara sekitar pukul 09.30 Wita dan langsung disambut dengan pengalungan bunga diringi alunan sinoman hadrah oleh Majelis Nurhidayah Tanah Bumbu.

Semangat masyarakat untuk bertemu Paman Birin terlihat jelas dari wajah-wajah ceria dan sorak sorai yang menyambut kedatangan beliau.

Keramahan dan kesederhanaan Paman Birin dalam berinteraksi dengan masyarakat semakin menambah kehangatan suasana.

Pada hari ketiga rangkaian Turun ke Desa (Turdes) Menembus Batas ke-10, Kabupaten Tanah Bumbu menjadi daerah berikutnya yang dikunjungi, setelah sebelumnya mengunjungi Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten Kotabaru.

Acara penyambutan juga dirangkai dengan hari jadi Desa Gunung Besar, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Tanah Bumbu.

Usai melakukan penanaman dan panen bersama kelompok Ketahanan Pangan (Ketapang) Desa Guning Besar, Kabupaten Tanah Bumbu, Paman Birin didampingi Wakil Ketua Komisi II DPRD Kalsel, M. Yani Helmi atau Paman Yani melakukan pembagian Bantuan Paket Sembako sebanyak 128 paket, Bantuan seragam PPL sebanyak 108 pasang, Bantuan Jalan usaha Tani (JUT) 3.500 meter Bantuan Sarana Produksi (Saprodi) Hortikultura seluas 27 hekter senilai dengan jumlah bantuan senilai Rp 1.994.928.000.

Dilanjutkan pemotongan tumpeng dalam rangka hari jadi Desa Gunung Besar ke-17 oleh Paman Birin dan diberikan kepada Kepala Desa Gunung Besar.

Paman Birin menyampaikan rasa terimakasihnya atas sambutan meriah dari masyarakat Desa Gunung Besar.

“Terima kasih atas sambutan yang begitu meriah dari masyarakat Desa Gunung Besar. Semoga kegiatan ini bisa memberikan manfaat besar bagi kita semua,” ujarnya.

Baca Juga:  Naman Paman Birin Diabadikan jadi Nama Masjid

Paman Birin menyampaikan harapannya bahwa kunjungan ini akan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat yang tinggal di pelosok dan belum tersentuh pembangunan.

“Saya ingin melihat secara langsung kondisi masyarakat dan apa yang bisa kita bantu,” ujarnya.

Sejak dimulainya turdes ini, banyak desa yang telah dikunjungi oleh Paman Birin dan timnya.

Beliau berharap bahwa program ini dapat membawa kemajuan dan perbaikan kondisi bagi masyarakat di berbagai pelosok Kalsel.

“Saya ingin memastikan bahwa tidak ada lagi desa tertinggal di Kalsel, semua masyarakat berhak mendapatkan akses yang sama terhadap pembangunan dan kesejahteraan,” ujarnya.

Selain itu, Paman Birin mengungkapkan bahwa Kalsel telah berhasil menuntaskan pengentasan desa tertinggal dua tahun lebih cepat dari target nasional.

“Alhamdulillah, pada tahun 2024 ini, Kalsel sudah tidak memiliki lagi desa tertinggal.

Ini merupakan pencapaian luar biasa yang patut kita syukuri,” ujar Paman Birin.

Pada tahun 2016, Kalsel masih memiliki 1.438 desa tertinggal.

Namun, berkat kerja keras dan sinergi dari berbagai pihak, termasuk pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan masyarakat, Kalsel berhasil mencapai target nasional pengentasan desa tertinggal yang ditetapkan pada tahun 2026.

“Pencapaian ini menunjukkan komitmen dan tekad yang kuat dari pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa-desa tertinggal,” kata Paman Birin.

Paman Birin juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pencapaian ini.

“Terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, pemerintah pusat, dan pemerintah daerah yang telah bekerja keras untuk mewujudkan Kalsel bebas desa tertinggal,” ungkapnya. (mns/K-2)

Iklan
Iklan