Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
OLAHRAGA

Tumbangkan Brazil Lewat Penalti, Uruguay Ketemu Kolombia di Semifinal Copa America 2024

×

Tumbangkan Brazil Lewat Penalti, Uruguay Ketemu Kolombia di Semifinal Copa America 2024

Sebarkan artikel ini
Pemain timnas Uruguay merayakan kemenangan adu penalti atas Brazil pada perempat final Copa Amerika di Allegiant Stadium, 6 Juli 2024. (Kalimantanpost.com/Antara/AFP)

AMERIKA SERIKAT, Kalimantanpost.com – Tumbangkan Brazil 4-2 melalui drama adu penalti, timnas Uruguay ketemu Kolombia di semifinal Copa America 2024.

Sebelumnya, pertandingan antara Uruguay melawan Brazil yanh berlangsung di Stadion Allegiant, Las Vegas, Nevada, Minggu (7/7/2024) bermain 0-0.

Di pertandingan lainnya, timnas Kolombia berpesta gol ke gawang timnas Panama, 5-0 pada pertandingan babak perempat final Copa America 2024 yang berlangsung di Stadion State Farm, Amerika, Minggu.

Di semifinal lainnya akan bertanding antara Kanada melawan Kolombia.

Memulai babak pertama Brazil mencoba mengambil alih tempo permainan untuk membongkar pertahanan Uruguay.

Pertandingan berlangsung dengan intensitas tinggi dimana pelanggaran demi pelanggaran terus terjadi antar kesebelasan.

Di menit ke-33, intensitas tinggi yang ditunjukkan kedua tim memakan korban usai Ronald Araujo harus terpaksa ditarik keluar lapangan usai mengalami cedera dan digantikan Jose Gimenez.

Dua menit berselang, Nunez yang mendapatkan ruang kosong tanpa pengawalan menerima umpan lambung terukur, namun sundulan dari Nunez masih melebar dari gawang Allison.

Semenit berselang Brasil melancarkan serangan dari sektor kanan melalui pergerakan Raphinha, sayang tendangan dari Raphinha masih mudah diantisipasi Rochet.

Hingga peluit babak pertama ditiup tidak ada peluang yang diciptakan oleh kedua tim. Skor imbang 0-0.

Memulai babak kedua, Uruguay menguasai tempo permainan sejak awal dengan menerapkan pressing tinggi.

Fede Valverde melepaskan tendangan dari luar kotak penalti pada menit ke-49, tapi Allison dengan sigap mengamankan bola.

Di menit ke-53, Nunez terbebas dari penjagaan lini bertahan Brasil dan menusuk ke area kotak penalti. Nunez kemudian melepaskan tendangan ke tiang dekat yang dapat di blok oleh Marquinhos.

Pada menit ke-71, Uruguay harus bermain dengan sepuluh pemain usai Nandez menerima kartu merah langsung setelah menghentikan proses serangan balik cepat Brasil.

Baca Juga:  Recovery Kondisi Jelang PEPARNAS XVI, Tim Sepak Bola CP Kalsel Latihan di Lapangan Milik TNI

Bermain dengan keunggulan jumlah pemain, Brasil terus mencoba membuka lini pertahanan Uriguay yang praktis menumpuk pemain di lini pertahanan.

Brazil di sepuluh menit terakhir menguasai sepertiga pertahanan lawan dengan penguasaan bola 58 persen berbanding 42 persen di pihak Uruguay.

Namun sepuluh menit terakhir pertandingan tidak ada peluang yang diciptakan oleh kedua tim hingga pertandingan berlanjut ke babak tos-tosan.

Valverde yang menjadi algojo pertama Uruguay dengan mudah memperdaya Alisson untuk mengubah skor 1-0.

Rochet menjaga kedudukan tetap bertahan usai mampu menebak arah tendangan keras dari Militao di sisi kanan gawang.

Bentancur dengan tenang mengarahkan bola dan membuat Uruguay memperlebar kedudukan menjadi 2-0.

Sementara Pereira yang menjadi algojo Brasil kedua, mamp mengelabuhi Rochet dan membuat kedudukan berubah 2-1.

Giorgian de Arracesta kembali membuat Uruguay memperlebar keunggulan usai menaklukkan Alisson. Uruguay unggul 3-1.

Douglas Luiz yang mengambil tendangan gagal mengarahkan tendangan ke jaring gawang Rochet usai tembakannya membentur mistar gawang.

Gimenez gagal membawa Uruguay mengunci kemenangan usai tandukannya dihentikan Alisson. Uruguay unggul 3-1.

Martinelli membuat asa Brasil kembali ada usai sepakannya ke sisi kanan tak dapat diantisipasi Rochet. Skor 3-2.

Ugarte yang menjadi algojo sukses mengelabuhi Alisson dan memastikan Uruguay menang dengan skor 4-2.

Dipertandingan lainnya,
timnas Kolombia berpesta gol ke gawang timnas Panama, 5-0 pada pertandingan babak perempat final.

Bermain sejak awal Kolombia mengambil inisiatif menyerang dan mengatur tempo permainan melalui pergerakan-pergerakan yang mengurung Panama dari sektor sayap.

Hasilnya tak perlu lama, pada menit kedelapan melalui skema tendangan sudut James Rodriguez mengirimkan umpan ke daerah kotak penalti yang langsung disambut sundulan Jhon Cordoba yang tak dapat dihalau Mosquera. Kolombia unggul cepat 1-0.

Baca Juga:  Dispora Kalsel gelar Gowes Ramadhan

Petaka kembali terjadi usai Mosquera melakukan pelanggaran di dalam kotak penalti pada menit ke-13. James yang menjadi algojo tendangan dua belas pas mengeksekusi sempurna tendangan untuk membawa Kolombia unggul cepat 2-0.

Panama tak mampu keluar dari tekanan Kolombia yang mengunci rapat pergerakan-pergerakan lawan dari lini kedua.

Panama bermain praktis menunggu serangan balik yang dilepaskan melalui skema umpan jarak jauh. Hingga menit ke-35, Kolombia mencatatkan rerata 59 persen penguasaan bola berbanding 41 persen di pihak Panama.

Panama mendapatkan peluang pada menit ke-36 melalui skema tendangan bebas, namun sepakan keras Barcenas masih membentur pagar betis yang dibentuk Kolombia.

Di menit ke-40 Kolombia mampu menambah keunggulan, James memberikan umpan silang ke dalam kotak penalti yang langsung disambut tembakan terukur Luis Diaz membuat Mosquera kembali memungut bola dari gawang. Kolombia unggul 3-0.

Hingga peluit turun minum babak pertama Kolombia menjaga keunggulan 3-0.

Memasuki babak kedua, Kolombia tak menurunkan intensitas permainan dan menekan melalui umpan dari lini tengah.

Meski begitu Panama yang bermain dengan garis pertahanan rendah membuat kesulitan Kolombia selama lima belas menit awal babak kedua.

Baru pada menit ke-70 Kolombia mendapatkan peluang yang dikonversi jadi gol. Lewat pergerakan umpan Munoz, Richard Rios melesatkan tendangan dari luar kotak penalti yang gagal dijangkau Dominguez. Kolombia unggul 4-0.

Di menit ke-80, Murillo melancarkan serangan dan melepaskan tendangan jarak jauh yang masih bisa ditangkis Vargas.

Di masa perpanjangan waktu Kolombia memperoleh hadiah penalti usai Jose Cordoba melakukan pelanggaran. Miguel Borja yang menjadi eksekutor dengan mudah menyarangkan bola ke gawang Dominguez dan menutup pesta gol Kolombia 5-0.

Dengan kemenangan ini membuat Kolombia melangkah ke babak semifinal, dan menunggu lawan antara pemenang dari laga Uruguay menghadapi Brazil. (Ant/KPO-3)

Baca Juga:  Tim Paman Birin Terlalu Tangguh bagi tim Adaro

Iklan
Iklan