Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Banjarmasin

Utamakan Pendekatan Humanis Penegakkan Perda

×

Utamakan Pendekatan Humanis Penegakkan Perda

Sebarkan artikel ini
H Deddy Sophian

Banjarmasin,KP – Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Banjarmasin diminta mengedepankan pendekatan humanis dan mengutamakan kepentingan umum dalam menegakan Peraturan Daerah (Perda).

” Artinya, jika terjadi pelanggaran Perda, maka harus segera lakukan penindakan, sehingga sesuai tupoksinya institusi ini dalam menegakkan Perda berjalan maksimal,” kata anggota komisi I DPRD Kota Banjarmasin Deddy Sophian.

Hal itu disampaikan menyikapi cukup gencarnya penertiban tempat berjualan Pedagang Kaki Lima (PKL) di trotoar atau menggunakan bahu jalan yang dilaksanakan Satpol PP Kota Banjarmasin.

Deddy Sophian mengapresiasi gencarnya penertiban PKL Pasar Lama Laut yang dilaksanakan Satpol PP bersama SKPD terkait belakangan ini lantaran sudah dilarang menjadikan sebagai bahu jalan sebagai tempat berjualan sehingga mengganggu kepentingan umum terutama untuk kelancaran arus lalu lintas di kawasan itu.

Kepada {KP} Selasa (9/7/2024( Deddy Sophian mengatakan, sikap tegas dalam menegakkan Perda dituntut agar seluruh perangkat hukum daerah tersebut dalam pelaksanaannya di lapangan tidak sekedar di atas kertas.

Ia menyatakan optimisnya Satpol PP mampu melaksanakan tugas itu karena institusi garda terdepan dalam penegakkan Perda ini sudah memiliki personil yang memadai.

Seperti ujarnya, dalam melakukan penertiban persoalan PKL, masalah parkir, pendirian bangunan melanggar aturan dan tanpa izin hingga dalam menertibkan berbagai permasalahan sosial lainnya.

Kendati demikian anggota dewan dari F-PKB ini kembali ia mengingatkan, saat melakukan penegakkan Perda sebelum mengambil tindakan tegas , Satpol PP juga harus terlebih dahulu memberikan pemahaman juga kepada masyarakat.

“Masalahnya karena Satpol PP selain tugasnya melaksanakan dan mengamankan Perda, tapi juga sebagai pengayom masyarakat, sehingga dituntut sikap humanis dalam menegakkan setiap peraturan daerah,” kata Deddy Sophian.

Lebih jauh ia juga meminta agar Satpol PP mengutamakan sosialisasi kepada masyarakat sebelum melakukan penindakan kepada tegas kepada siapapun tanpa pandang bulu setiap pelanggar Perda.

Baca Juga:  Penghargaan Bergengsi Paritrana Awards 2020 Digelar, BPJAMSOSTEK Imbau Pemerintah Daerah Dukung Penuh Implementasi Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Deddy Sophian berpendapat, sosialisasi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat akan lebih efektif untuk membangun kesadaran masyarakat untuk mematuhi setiap peraturan daerah dan berbagai aturan lainnya yang dikeluarkan Pemko Banjarmasin. (nid/K-3)

Iklan
Iklan