Space Iklan
Space Iklan
Space Iklan
Palangka Raya

Wagub Edy Pratowo Ingatkan Fokus Pembangunan Kalteng Tahun 2024

×

Wagub Edy Pratowo Ingatkan Fokus Pembangunan Kalteng Tahun 2024

Sebarkan artikel ini
-Penandatanganan fakta integeitas anti korupsi. (Kalimantanpost.com/Repro humaspemprovkalteng)

PALANGKA RAYA, Kalimantanpost.com – Wakil Gubernur (Wagub) Kalteng H Edy Pratowo, membuka Rapat Koordinasi Pengendalian dan Evaluasi (Rakordalev) Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota se Kalimantan Tengah (Kalteng) semester I tahun 2024 di Bappedalitbang setempat, Kamis (4/7/2024).

Sebelum menyampaikan sambutannya, Wagub Kalteng bersama dengan Asisten Ekbang Setda Provinsi Kalteng, Inspektur Kalteng, Kadis DP3APPKB Kalteng, Karo Adpim Setda Kalteng, dan Kadishub Kalteng, melakukan penandatanganan fakta integritas dan komitmen bersama antikorupsi di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalteng.

Mewakili Gubernur, Wagub H Edy Pratowo mengatakan, Rakordalev tersebut dalam rangka evaluasi terhadap Pelaksanaan Rencana Pembangunan Daerah Kalteng Kondisi Semester I yang termuat dalam RKPD Provinsi Kalteng tahun 2024.

“Kabupaten/kota mengevaluasi RKPD tahun 2024 pada wilayahnya masing-masing, hasil evaluasi ini harus menjadi masukan untuk rencana pembangunan tahun 2026,” ucapnya.

Disebutkannya, target capaian indikator makro ekonomi RKPD Kalteng Tahun 2024 adalah pertumbuhan ekonomi dengan target sebesar 5,80 persen (C to C), angka kemiskinan sebesar 4,66 persen, gini rasio sebesar 0,216, indeks pembangunan manusia (IPM) sebesar 73,42 persen, dan target tingkat pengangguran terbuka (TPT) sebesar 3,90 persen.

“Ekonomi Kalteng Triwulan I TAHUN 2024 tumbuh sebesar 5,01 persen (y on y), dibandingkan tahun 2023 triwulan yang sama yang hanya sebesar 3,74 (y on y), ini sangat menggembirakan karena bertumbuh positif,” sebut Wagub.

Diungkapkannya pula, fokus Pembangunan Kalteng tahun 2024 yakni infrastruktur, seperti pendidikan, kesehatan, serta perekonomian secara luas.

“Saya sampaikan multiyears infrastruktur Provinsi Kalteng masih berjalan saat ini, untuk pembangunan dan peningkatan beberapa ruas jalan untuk membuka isolasi daerah dan menumbuhkan perekonomian masyarakat,” ungkap Edy.

Selanjutnya, ke depan program pembangunan infrastruktur tetap diprioritaskan (pembangunan jalan, jembatan, irigasi, pengembangan pelabuhan udara dan pembangunan pelabuhan laut), dengan pagu indikatif tahun 2022-2024 sebesar Rp 2,1 triliun.

Baca Juga:  Peringatan Harganas Ajang Memberi Kesadaran Masyarakat Kalteng Akan Bahaya Stunting

Ia meyakini, pencapaian pembangunan Kalimantan Tengah bisa lebih dari kondisi sekarang, hal ini karena belum optimalnya daya dan upaya dalam pembangunan.

“Oleh karena itu, saya mengajak tetap semangat bekerja untuk mencapai kesejahteraan masyarakat yang lebih baik, karena pada hakekatnya pembangunan adalah untuk masyarakat sejahtera,” papar Wagub.

Sementara itu Kepala Bappedalitbang Kalteng Leonard S. Ampung memaparkan, tujuan dari Rakordalev tersebut adalah untuk mendapatkan data capaian sesuai target RKPD Provinsi Kalimantan Tengah dan data capaian Kabupaten/Kota se Kalimantan Tengah tahun 2024 Semester I tahun 2024.

Peserta rapat terdiri dari unsur Pimpinan Daerah Kalteng, jajaran Setda Kalteng, para Staf Ahli Gubernur Kalteng, Bupati/Walikota se Kalteng, Kepala Perangkat Daerah dan Instansi Vertikal terkait lingkup Kalteng, Kepala Bappeda dan Kepala Perangkat Daerah terkait Kabupaten/Kota se Kalteng.

Sebagai narasumber pada rakor ini adalah Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Kalteng, Kakanwil Ditjen Perbendaharaan Kalteng, Kepala BPS Kalteng, Kepala Bappedalitbang Kalteng, Kepala Bakeuda Kalteng, serta Kepala Bapenda Kalteng.

Hadir pada agenda tersebut antara lain, Asisten Ekbang Sri Widanarni, Forkopimda Prov. Kalteng, Pj. Bupati/Pj. Walikota se-Kalteng, sejumlah Kepala Perangkat Daerah Kalteng, dan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Kalteng Wawan Juswanto.(drt/KPO-3)

Iklan
Iklan