Komjen Unggung : Antisipasi Potensi Pemicu Kerawanan dan Kerusuhan

Banjarmasin, KP – Pihak Kepolisian dan dibantu aparat TNI nantinya akan melakukan penebalan petugas dalam kontek keamanan pada tiap TPS dan daerah pemilihan (Dapil) rawan di Kalsel.

“Bahkan untuk para Kasatwil dapat bersinergitas dengan KPU dan Bawaslu untuk lebih aktif sebagai inisiator kegiatan deklarasi Pemilu damai,’’ kata Komjen Polisi Unggung Cahyono, juga selaku Kepala Operasi Pusat Operasi Mantap Brata 2018, ketika berkunjung ke Mapolda Kalsel, Senin (19/11) lalu.

Komjen Polisi Unggung Cahyono, yang menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri (Kalemdiklat Polri) ini lebih lanjut mengatakan, perhelatan pilpres (Pemilihan Presiden) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) kali pertama bersamaan di Indonesia. Tentu mengharuskan aparat keamanan intens antisipasi potensi yang bisa memicu kerawanan dan kerusuhan.

“Indeks keamanan TPS harus dibuat laporan misal TPS aman, rawan serta sangat rawan.
Sampai sejauh ini, kami melihat Kalsel aman,” ucapnya saat itu didampingi Wakapolda Kalsel, Brigjen Polisi Aneka Pristafuddin dan sejumpah pejabat utama di Mapolda.

Diketahui, kata dia, untuk Operasi Mantap Brata 2018 dimulai sejak 20 September 2018 hingga 20 Oktober 2019.

Berita Lainnya
1 dari 870
Loading...

Disini memantau pelaksanaan kampanye, masa tenang, pemungutan suara, perhitungan suara dan penetapan hasil pemilu.

Dilanjutkan pemantauan pengucapan sumpah janji serta pelatikan anggota DPR, DPD, DPRD dan pelantikan presiden wakil presiden terpilih.

Ketika di Mapolda itu pengecekan  peralatan, Posko Operasi Mantap Brata 2018 Polda Kalsel dan dilanjutkan supervise.

“Secara umum menilai langkah yang dilakukan Polda Kalsel dan jajarannya sudah sangat bagus. Sehingga apa yang diinginkan pimpinan Polri sudah dilaksanakan,’’ katanya.

Kapolda Kalsel, Irjen Polisi Yazid Fanani melalui Wakapolda, Brigjen Polisi Aneka Pristafuddin mengatakan, beberapa kegiatan awal terkait Pemilu 2019 sudah dilaksanakan Polda Kalsel.

Seperti, pelaksanakan gelar simulasi sispamkota, kegiatan pelatihan khusus penyelidik dan penyidik tindak pidana pemilu, sosialisasi kampanye dan rapat koordinasi persiapan deklarasi kampanye damai sampai mengagas beberapa kegiatan deklarasi Pemilu Damai di wilayah Kalsel. (K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya