Masyarakat Didorong Kembangkan Tanaman Obat

PEMANFAATAN TOGA – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Toga. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarbaru menggelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Toga (Tanaman Obat keluarga), di Sekretariat TP PKK Jalan Taman Gembira Barat Kelurahan Guntung Paikat, Rabu (7/11).

Kegiatan ini dibuka Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini didampingi Kadis Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan, Siti Hamdah SP MT. Sedang narasumber Dra Sri Iryawati dan pesertanya adalah Pokja III TP PKK Kelurahan dan Pokja IV TP PKK Kecamatan se Banjarbaru.

Siti Hamdah mengatakan, bimtek ini merupakan implementasi Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Banjarbaru dalam rangka pengembangan intensifikasi tanaman holtikultura.

“Pekarangan rumah sudah seharusnya dimanfaatkan untuk menanam berbagai jenis tumbuhan, baik itu tanaman hias, buah dan tidak ketinggalan tanaman obat keluarga,’’ tandasnya.

Menurutnya, saat ini tanaman obat mulai banyak dilirik masyarakat sebagai alternatif untuk menjaga dan mengatasi berbagai masalah kesehatan. Adanya Toga di pekarangan rumah tentu sangat bermanfaat, baik sebagai obat tradisional yang sifatnya mencegah, mengobati berbagai penyakit, bumbu pelengkap masakan atau menambah nilai estetika tersendiri jika ditanam dengan rapi.

Ketua TP PKK Ririen Kartika menambahkan, sangat penting pekarangan diisi dengan Toga, karena budidayanya cukup mudah, namun tetap memperhatikan kebersihan lingkungan sekitar tanaman.

“Menanam Toga juga membantu penghijauan, karena dapat menyumbang oksigen dan lingkungan menjadi segar dan asri,’’ pungkasnya seraya berharap peserta bimtek berbagi ilmu dengan tetangga di lingkungannya. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...