Pemko Banjarbaru Gelar Lomba Senam Lansia

MENYERAHKAN DOORPRIZE – Wakil Ketua TP PKK Eny Apriyati menyerahkan doorprize kepada peserta lomba senam Lansia. (Istimewa)

Banjarbaru, KP – Wakil Ketua TP PKK Eny Apriyati membuka Lomba Senam Lansia yang digelar Dinas Kesehatan Banjarbaru dengan tema “Lansia Sehat, Mandiri dan Produktif’’ di Gedung Bina Satria, kemarin.

Peserta lomba senam Lansia terdiri dari 5 orang dalam 1 tim di tiap Puskesmas dengan jumlah total 45 orang ditambah pendamping masing-masing tim 1 orang.

Kasi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes, Rahmaniah SKM selaku panitia menyampaikan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini sebagai pencegahan timbulnya suatu penyakit. Sebagai bentuk pengobatan (kuratif) yang dapat disembuhkan dan dikurangi dengan melakukan senam lansia, diantaranya penyakit kencing manis (DM) dan osteoporosis.

“Serta memperkuat degenerasi karena telah mengalami perubahan usia, mempermudah untuk menyesuaikan kesehatan jasmani dalam kehidupan dan memperbaiki tenaga cadangan dalam bertambahnya tuntutan (sakit),’’ katanya.

Eny Apriyati dalam sambutannya mengatakan, upaya pemeliharaan kesehatan bagi lanjut usia harus ditujukan untuk menjaga agar tetap hidup sehat dan produktif secara sosial maupun ekonomis sesuai martabat kemanusiaan.

“Untuk itu, pemerintah wajib menjamin ketersediaan fasilitas pelayanan kesehatan dan memfasilitasi kelompok lanjut usia untuk dapat tetap hidup mandiri dan produktif secara sosial dan ekonomis,’’ tandasnya.

Dijelaskannya, lanjut usia mempunyai hak sama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, dimana upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia diarahkan agar tetap diberdayakan, sehingga berperan dalam kegiatan pembangunan dengan memperhatikan fungsi, keterampilan, usia dan kondisi fisik dari lanjut usia tersebut. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...