Ribuan pelamar CPNS Barut diberikan pembekalan

Wakil Bupati Barito Utara Sugianto Panala Putra dan Sekda H Jainal Abidin serta pejabat lainnya melihat secara langsung tempat tes CAT di SMAN 1 Muara Teweh, Minggu.(ist)

Muara Teweh, KP — Sebanyak 1.870 pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Barito Utara, diberikan pembekalan dalam rangka mengikuti tes menggunakan sistem ‘Computer Assisted Test’ (CAT).

“Tes CAT- ujian berbasis komputer (UNBK) ini sama dengan tes CAT-Badan Kepegawaian Negara hanya saja yang membedakan penyelenggaraannya. Kalau CAT-BKN diselenggarakan oleh BKN pusat maka tes CAT-UNBK diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI,” kata Wakil Bupati Sugianto Panala Putra saat memberikan pembekalan di arena terbuka Tiara Batara Muara Teweh, Minggu.

Menurut Sugianto tes CAT-UNBK terdiri dari tes kompetisi dasar yan meliputi tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelejensi umum (TIU) dan tes karakteristik pribadi (TKP). Kemudian tes kompetensi bidang yang mana nanti akan diselenggarakan apabila nilai tes kompetensi dasar sudah keluar dan diumumkan kembali siapa-siapa yang berhak mengikuti tes kompetensi bidang tersebut.

Sesuai dengan Peraturan Kemenpan RB Nomor 36 tahun 2018 tentang kriteria penetapan kebutuhan PNS dan pelaksanan seleksi CPNS 2018, apabila dinyatakan lulus tes dan telah diangkat menjadi CPNS maka wajib mengabdi pada formasi penempatan awal dan tidak dapat mengajukan permohonan pindah dengan alasan apapun selama 10 tahun.

“Apabila mengajukan pindah dianggap mengundurkan diri sebagaimana surat pernyataan yang ditandatangani diatas materai 6000. Apabila dalam menjalani masa percobaan tersebut tidak menunjukan displin dan kinerja yang baik, maka pemerintah Kabupaten Barito Utara tidak segan-segan untuk memberhentikan dari calon PNS,” tegas Wabup.

Oleh karena itu, kata Sugianto, dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai CPNS nantinya, Nadalsyah menekankan kepada semua CPNS untuk selalu mengutamakan loyalitas, pengabdian, kejujuran dan keikhlasan dalam melaksanakan setiap tugas yang diemban. Amanah itu agar dilaksanakan dengan penuh dedikasi, optimis dan kreatif bagi kepetingan masyarakat dan daerah.

“Saya megharapkan dari hasil kelulusan tes CPNS tahun 2018 ini akan diperoleh sosok-sosok CPNS yang mempu memperkuat dan meningkatkan kinerja Pemkab Barito Utara. Kehadirian CPNS baru nanntinya pada satuan kerja perangkat daerah dimana ditempatkan nantinya, diharapkan akan mampu meringankan beban dan tugas yang menjadi kewajiban perangkat daerah dalam melaksanakan program pemerintah,” kata dia.

Sementara, Sekretaris Daerah Pemkab setempat H Jainal Abidin mengatakan peserta pembekalan tes CAT UNBK seleksi CPNS dari formasi umum tahun 2018 berjumlah 1.788 orang dengan rincian pelamar online sebanyak 1.958 orang, pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi 1.788 orang.

“Para peserta tes CPNS ini mengikuti seleksi CAT di tiga tempat yakni di SMAN 1 Muara Teweh, SMAN 2 Muara Teweh dan SMKN 1 Muara Teweh,” ujar Jainal. (net/k-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...