Sekda Barut Tinjau Pelaksanaan Seleksi CPNS

TINJAU TES CPNS – Sekda Barito Utara H Jainal Abidin yang didampingi Kepala Dinas Pendidikan Barut H Masdulhaq, Inspektur Barut H Elpi Elpanop saat meninjau pelaksanaan tes CPNS dan memberikan salam kepada para pelamar CPNS, di SMKN 1 Muara Teweh, kemarin.(KP/Asari)

Muara Teweh, KP – Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Utara Ir H Jainal Abidin bersama pejabat Pemkab Barito Utara lainnya melakukan peninjauan pelaksanaan seleksi tes CPNS tahun 2018 di tiga tempat, Senin (5/11) kemarin.

Tes CPNS ini diadakan menggunakan sistem Test Computer Assisted System (CAT)-Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Tes CAT-UNBK yang terdiri dari tes kompetisi dasar yang meliputi Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelejensi Umum (TIU) dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP), yang dilaksanakan di SMA-1 Muara Teweh, SMKN-1 Muara Teweh dan SMAN-2 Muara Teweh.

Dalam peninjauannya itu, Sekda Barut memberikan motivasi kepada para pelamar dalam menghadapi test CAT-UNBK. Sekda juga mengharapkan agar para pelamar yang nantinya berhasil lulus, benar-benar memiliki kompetensi dan kemauan yang kuat dalam membangun Barito Utara.

“Bagi pelamar yang belum diberi kesempatan untuk mengabdi sebagai Aparatur Sipil Negara, agar dapat menerima dengan lapang dada. Masih ada kesempatan di tahun-tahun yang akan datang, mudah-mudahan dikesempatan ini dapat lulus menjadi ASN,” kata Jainal Abidin.

Sementara itu, ditempat terpisah, Bupati Barito Utara, H Nadalsyah mengucapkan selamat berjuang dan berusaha, semoga apa yang dicita-citakan (menjadi ASN) dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

“Test CAT-UNBK merupakan test yang objektif dan transparan, yang menentukan kelulusan adalah usaha dan kerja keras kalian sendiri,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada hari pertama pelaksanaan tes CAT-UNBK diikuti sebanyak 801 pelamar dengan rincian di SMAN-1 Muara Teweh dengan jumlah peserta test sebanyak 276 pelamar, di SMKN-1 Muara Teweh sebanyak 125 dan SMAN-2 sebanyak 150 yang terbagi kedalam 3 sesi dimulai dari pukul 10.00 wib hingga selesai.

Pelaksanaan test sendiri dilakukan secara bergantian mengingat keterbatasan peralatan komputer. Guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan dan menjaga keadaan agar tetap tertib dan kondusif, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), anggota Polres Barito Utara, Dinas Perhubungan, dan Dinas Kesehatan serta Tim Kesehatan dari RSUD Muara Teweh diturunkan ke lokasi dilaksanakannya test CAT-UNBK.

Tes ini terdiri dari tiga bagian materi tes yakni Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensi Umum (TIU) sebanyak 30 soal dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal dalam waktu 90 menit atau 5.400 detik.

Berdasarkan Peraturan Menteri bernomor 37 tahun 2018 itu mengatur tentang nilai ambang batas seleksi kompetensi dasar pengadaan calon Pegawai Negeri Sipil tahun 2018, pelamar CPNS setidaknya harus mencapai skor 298.

Dengan rincian yakni 143 poin untuk Tes Karakteristik Pribadi, 80 poin untuk Tes Intelegensi Umum dan 75 poin untuk Tes Wawasan Kebangsaan.

“Jika satu bidang tak terpenuhi, maka dipastikan peserta tes tak akan lolos, meski ia mendapat skor total di atas 298,” kata Kasubid Formasi BKPSDM Kapaten Barito Utara, Ira Akhmadi.(asa/K-8)

 

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...