Kampung Iwak Dicanangkan Jadi Kampung Mandiri Perikanan

Banjarbaru, KP – Kampung Iwak yang terletak di Kelurahan Mentaos dicanangkan sebagai Kampung Mandiri Perikanan.

Pencanangan ditandai pemotongan tumpeng oleh Sekretaris Badan Riset dan SDM Kementerian Perikanan Dr Maman Hermawan MSc yang diserahkan pada Walikota Nadjmi Adhani dan Ketua TP PKK Ir Ririen Kartika Rini MP, pekan kemarin.

Kampung Iwak merupakan zona khusus perikanan di Kota Banjarbaru yang jadi sentra ikan konsumsi dan pembenihan serta mengaplikasikan teknologi terbaru dalam pembuatan pakan ikan dan pembesaran ikan.

“’Meskipun Banjarbaru adalah Kota, tapi kawasan pertanian dan perikanan yang potensial harus kita pertahankan. Kami ingin kolam-kolam ini dipertahankan, jadi kita bantu untuk pengembangan dengan pelatihan dan branding kampung iwak,’’ kata Walikota Nadjmi.

Berita Lainnya

PKK Kalsel Bantu 25.000 Masker

1 dari 1.190
Loading...

Menurutnya, kawasan Kampung Iwak terhampar di lahan seluas 47 hektare dengan 200 lebih petak kolam ikan untuk pembenihan dan pembesaran ikan. Dia pun berharap agar di Kampung Iwak ini juga dikembangkan pemeliharaan ikan non konsumsi, karena potensi ekonominya sangat besar.

Setelah pencanangan dilanjutkan berkeliling Kampung Iwak menggunakan kereta odong-odong untuk meninjau pos informasi, juga guna menikmati panganan berbahan ikan.

Selain itu juga diresmikan Sekretariat Koperasi Perikanan oleh Walikota Nadjmi. Dia berharap nantinya koperasi ini berkembang dan mampu mensejahterakan anggotanya.

Kegiatan yang dilaksanakan di UPT Produksi Perikanan Budidaya Air Tawar di Kelurahan Mentaos ini juga dihadiri Kepala Balai Pelatihan dan Penyuluhan Perikanan Banyuwangi, Tegal, Bitung Manado, Kepala Balai Besar Riset Budidaya Laut dan Penyuluhan Perikanan Gondol Bali, Dekan Fakultas Perikanan ULM dan Kadis terkait. Kegiatan diakhiri panen ikan papuyu bersama. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya