Kesbangpol Sosialisikan KUB Hingga Bangun Rumah Ibadah

Banjarmasin, KP – Guna lebih mempererat persatuan dan kesatuan bangsa sekaligus dalam menjaga kerukunan umat beragama, Forum Kewaspadaan Dini Kesbangpol Kota Banjarmasin menggelar sosialisasi PBM Nomor 9 dan 8 Tahun 2016 tentang Pedoman pemeliharaan kerukunan umat beragama, pemberdayaan forum kerukunan umat agama dan pendirian rumah ibadah, di Aula Kecamatan Banjarmasin Selatan, Selasa (22/10) siang.

Kegiatan yang dihelat Pemko melalui Kesbangpol Kota Banjarmasin bertujuan untuk menjaga suasana kondusif antar umat beragama. Selain itu meningkatkan wawasan masyarakat serta memudahkan pelayanan publik kepada masyarakat, kata Kepala Kesbangpol Kota Banjarmasin Drs H Kasman kepada awak media, setelah membuka acara sosialisasi tersebut.

Kegiatan bertema `kerukunan umat beragama dan rumah ibadat’, maka forum sengaja mengundang para ketua RT, ketua RW, tokoh masyarakat, dan ulama untuk membantu sosialisasi kepada masyarakat. “Artinya sama -sama kita semua menjaga suasana kondusif yang sudah terbentuk,’’kata Kasman.

Berita Lainnya
1 dari 1.790
Loading...

Jadi, kegiatan sosialisasi ini merupakan sarana memudahkan pelayanan publik sekaligus juga memudahkan dalam pengawasan pembangunan. “Mempermudah perizinan agar lancar,’’ tuturnya.

Ketua FKUB Kota Banjarmasin, H Maskur mengungkapkan, faktor yang menyebabkan benturan di masyarakat diharapkan dapat mempengaruhi kerukunan umat beragama dan faktor yang paling rawan yakni pembangunan rumah ibadah.

Karena, ujarnya, sampai sekarang tidak ada aturan jelas tentang pembangunan rumah ibadat sehingga sulit memberikan pemahaman kepada masyarakat.

Dengan ini juga pemerintah melalui Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) bertugas memberikan bimbingan dan pelayanan agar setiap penduduk dalam melaksanakan ajaran agamanya berlangsung rukun, lancar dan tertib. Arahan lain yakni meningkatkan kualitas pelayanan,dan pehamanan agama serta meningkatkan kerukunan intern dan antar agama. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya