Programkan Bidik Misi Kalteng lontarkan Dana Puluhan Milyar

Palangka Raya,KP – Untuk meningkatkan masa belajar siswa mulai jenjang Sekolah Dasar hingga pendidikan tinggi, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah memprogramkan beasiswa bidik misi “Kalteng Berkah”.

Plt.Kepala Dinas Pendidikan Kalteng dr.Suyuti Syamsul kepada awak media, Selasa (22/10), menjelaskan program bidik misi Kalteng Berkah khusus untuk siswa jenjang pendidikan tinggi di gelontorkan sejak tiga tahun terakhir.

Dikatakan sebenarnya Dinas Pendidikan Provinsi tidak memiliki kewenangan mengurusi pendidikan tinggi, tetapi karena tujuannya meningkatkan angka rata-rata kelulusan pendidikan di Kalteng terkait Indek Pembangunan Manusia (IPM).

Sebab bila tidak ditunjang mahasiswa yang secara ekonomi kurang mampu rawan putus pendidikan. Bantuan ditujukan bagi jenjang S1, S2 dan S3. Syarat dan ketentuan berlalu, tak hanya PTN yang dibantu tetapi mahasiswa Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Berita Lainnya
1 dari 693

Tahun pertama bidik misi mulai 2017 lalu dengan sasaran 2.420 mahasiswa, dengan nilai anggaran sebesar Rp 12,172 milyar.

Berikutnya tahun 2018 lalu dana bidik misi ditujukan kepada 2.406 mahasiswa dengan nilai Rp 12,030 milyar.

Terakhir tahun 2019 ini ditambah lagi mennjadi 5.000 siswa dengan anggaran sebesar Rp 15 milyar. Untuk jenjang S3 maksimal Rp 30 juta persiswa. Namun bila peminatnya banyak bahkan kalau mencapai 2 x lipat, maka tiap mahasiswa akan hanya menerama hibah Rp 15.jutaan saja.

Menjawab seputar dan pendidikan dalam APBD disebutkan tiap tahun anggaran naik terus, mencapai 26 persen untuk belanja tidak langsung. (drt).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya