Berkat Si Monik, Hidroponik Bisa Dipantau Melalui Gadget

Pelaihari, KP – Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Tanah Laut (Tala) Muhammad Darmin mengapresiasi pergelaran Temu Inovator dan Pelaku Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Tala tahun 2019 yang digelar di Politeknik Negeri Tala (Politala) Kamis (14/11).

Dalam kegiatan tersebut dipamerkan beberapa temuan TTG seperti, Mesin pencacah serbaguna , Motor Tanto (Tebas Angkut dan Semprot), Alat penggoreng nasi otomatis, Mesin pengusir burung untuk petani serta Sistem Monitoring Hidroponik secara online, Alat penabur benih padi otomatis, Tongkat penabur pupuk otomatis serta berbagai temuan TTG lainnya.

Salah satu TTG yang langsung dikunjungi langsung oleh Pj Sekda Tala Muhammad Darmin adalah Si Monik (Sistem Monitorng Hidroponik), yang mana TTG Si Monik tersebut berbeda dengan Hidroponik pada umumnya.

Pertama dibagian pengairan, dengan SI Monik pengairan Hidroponik selalu mengalir secara terus menerus selain itu juga terdapat monitor pemantau Hidroponik yang bisa memantau tingkat keasamaan air, suhu ruangan, suhu air, kelembapan tanaman, serta kandungan nutrisi pada level air, selain dapat memantau kondisi hidropnik.

Adalah Arif Supriyanto bersama dengan Faturrahmani yang menemukan teknologi Si Monik tersebut, keduanya sendiri adalah Dosen di Program Studi Teknik Informatika di Politala.

Berita Lainnya
1 dari 1.176
Loading...

Arif Supriyanto mengungkapkan bahwa tujuan mengapa air yang ada di SI Monik terus mengalir adalah agar nutrisi tanaman selalu terbagi rata dan efisien, “airnya terus mengalir agar nutrisinya terbagi rata sehingga tumbuh kembang tanamannya bisa maksimal, selain itu juga ada sensor yang bisa melihat bagaimana keadaan atau kondisi hidroponik seperti tingkat keasaman , suhu dan lainnya” ujarnya

Lebih lanjut Arif juga menjelaskan bahwa bukan cuma secara offline, kondisi hidroponik juga bisa dipantau melalui website atau aplikasi yang bernama Si Monik, “untuk saat ini juga bisa dipantau melalui website atau aplikasi di gadget kita, namun aplikasi kami belum ada di Playstore” ujarnya.

Arif pun mengharapkan dengan Si Monik masyarakat yang ingin berkebun di Hidroponik bisa berkebun dengan mudah karena semua indikator Hidroponik dapat dipantau sehingga resiko gagal panen di Hidroponik bisa ditangani.

Pj Sekda Tala Muhammad Darmin pun mengaku sangat mengapresiasi digelarnya kegiatan Temu Inovator dan Pelaku TTG Kabupaten Tala tahun 2019 tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi dengan digelarnya kegiatan ini karena banyak inovasi yang ditemukan sehingga banyak pekerjaan yang bisa terbantu,’’ tuturnya.

Darmin juga berpesan agar hasil karya yang sudah ada di TTG ini agar disempurnakan dan dikembangkan lagi agar bisa diproduksi masal dan bisa bersaing di tingkat provinsi maupun nasional. (hum/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya