Bupati : PKK Jangan Hanya Sebagai Tempat Berkumpul Ibu Ibu

Foto : Antara

Balangan, KP – Bupati Balangan Ansharuddin mengungkapkan gerakan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) memiliki posisi strategis untuk mendukung program pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga.

“PKK bukan sekadar tempat berkumpulnya ibu-ibu, bukan pula sekedar wadah untuk mencari pengetahuan. Tetapi, PKK harus selalu membawa semangat dan energi baru dalam setiap gerak langkah dan kridanya,” kata Anshar.

Posisi PKK sebagai organisasi kemasyarakatan yang memberdayakan wanita untuk turut berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia tambah dia, pemerintah menerbitkan peraturan pemerintah nomor 99 tahun 2017 tentang gerakan PKK yang menyiratkan kepercayaan pemerintah terhadap gerakan PKK.

Sehingga PKK  harus menjadi pemacu semangat dan jiwa kerelawanan serta pelopor dan pembaharu yang inspiratif.

Dijelaskan, ciri khas TP PKK adalah pola pendekatan, pergerakan, peran serta atau partisipasi masyarakat dalam berbagai aspek pembangunan. Penggerakan partisipasi itu sendiri merupakan prinsip dasar gotong-royong, hal mana merupakan warisan budaya bangsa. 

“Sebagaimana kita ketahui, jika kegiatan pembangunan disertai dengan dukungan partisipasi dan gotong-royong masyarakat, maka hasil dan dampaknya akan memiliki nilai tambah yang luar biasa. Dari sini, semua pihak semakin memahami bahwa gerakan PKK merupakan sebuah modal sosial yang besar bagi bangsa Indonesia,” paparnya.

Kepercayaan pemerintah terhadap gerakan PKK mendasari tema peringatan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-47 tahun 2019, yaitu, “Tingkatkan kinerja gerakan PKK selaras dengan program pemerintah,”. 

Tema ini lanjut Bupati, mengandung arti bahwa gerakan PKK berkewajiban untuk secara konsisten mengiringi dan mendukung kebijakan program pemerintah, dan tumbuh berkembang sesuai dengan dinamika perkembangan pembangunan di Indonesia.

Menghadapi dinamika pembangunan saat ini, kami mengharapkan dua hal dari keluarga besar gerakan PKK. 

Pertama, tetaplah dan selalu berpegang pada prinsip dan semangat pengabdian selaku relawan, yaitu senantiasa bersikap rendah hati, namun tidak rendah diri. Karena sikap rendah hati adalah landasan yang kokoh bagi semua kebajikan, dan pengabdian PKK adalah untuk kebajikan seluruh umat dan keluarga serta lingkungannya.

Kedua,  PKK harus mau dan mampu menjaga keluarga-keluarga yang menjadi kelompok sasaran pembinaannya, agar setiap keluarga dapat menjadi benteng utama dan pertama bagi ketahanan keluarga dalam arti yang lebih luas. 

Dalam hal ini, ketahanan keluarga yang kita harapkan adalah kondisi di mana setiap anggota keluarga mempunyai kemauan dan kemampuan secara kolektif dalam memilah dan memilih mana hal yang baik dan mana yang buruk, mana hal yang benar dan mana yang salah, dan seterusnya. 

“Insya Allah, membangun ketahanan keluarga adalah bagian penting dari membangun bangsa yang kuat dan bermartabat,” pintanya.

Tingkatkan terus fungsi kinerja gerakan PKK dengan bakti karya nyata serta bekerja tanpa pamrih. Dan tingkatkan daya kreativitas dan inovasi dalam pengembangan program-program PKK, agar selaras dengan garis kebijakan program pemerintah, dan semua itu harus dicapai melalui karsa, inisiatif dan ketekunan, pungkasnya.

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...