HKTI Di Minta Perkuat Pembangunan Bartim Di Sektor Pertanian

Tamiang Layang , KP – Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas meminta kepada pengurus Himpunan Kerukunan Tani Indonesia ( HKTI ) setempat yang baru diminta berkontribusi dengan ikut serta meningkatkan pembangunan di sektor pertanian dalak arti luas.

“Pertanian dalam arti luas yakni pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan yang ada di Kabupaten Barito Timur,” kata Ampera AY Mebas di Tamiang Layang, Sabtu ( 23/11 )

Menurut  Ampera HKTI Barito Timur merupakan salah satu mitra Pemerintah Kabupaten di sektor pertanian. Untuk itu, keberadaan HKTI diharapkan mampu memperkuat pertanian dengan turut serta membngun daerah sebagaimana visi misi Pemerintah Kabupaten Barito Timur di bidanh ekonomi kerakyatan melalui sektor pertanian.

HKTI Barito Timur perlu menyamakan pandangan agar percepatan pembangunan di sektor pertanian bisa berkembang pesat. HKTI pun perlu membuat program kerja yang selaras dan serasi dengan program pembangunan di sektor pertanian.

Kepala Dinas Pertanian Barito Timur Ir Riza Rahmadi menyambut baik kehadiran DPC HKTI Barito Timur 2018-2024, agar bisa menjadi jembatan atau penyambung aspirasi petani.

“Setiap pembangunan pasti ada kendala, termasuk di sektor pertanian. Dengan hadirnya HKTI diharapkan tidak hanya bisa menjembatani atau penyambung informasi namun langsung bersentuhan dengan para petani dan terlibat langsung dalam pembangunan di sektor pertanian,” katanya.

Tantangan di sektor pertanian yakni tentang sumber daya manusia petani. Petani perlu digandeng, terutama dalam pendidikan dan pelatihan di sektor pertanian.

Berita Lainnya
1 dari 474
Loading...

Selain itu, mencetak petani-petani muda juga meruoakan tantangan yang harus dijawab seiring dengan tujuan menciptakan ketahanan pangan nasioal yang selaras dengan meningkatkan ekonomi kerakyatan.

Ketua DPC HKTI Barito Timur periode 2019-2024 Marinus Tiran mengatakan, HKTI akan bersinergi serta memberikan semangat dan dukungan kepada petani-petani.

”Kita akan data dan rangkul semua petani yang ada di Barito Timur. Kita akan dorong pertanian di Barito Timur untuk meningkatkan kesejahteraan petani,” katanya.

HKTI akan menjadi jembatan antara petani dengan Pemerintah Kabupaten Barito Timur untuk terciptanya sinergitas pembangunan di sektor pertanian yang akan berdampak positif pada percepatan, mutu dan kualitas serta kuantitas hasil pertanian di Kabupaten Barito Timur.

Saat ini, Kabupaten Barito Timur merupakan salah satu kabupaten penyandang pangan di Kalteng, dengan berada diurutan keempat. Program pertanian kedepan, peningkatan produksi pangan.

Sebelumnya, Bupati Barito Timur Ampera AY Mebas didampingi Sekretaris DPD HKTI Kalteng Budi Cahyono menyaksikan pengukuhan pengurus Dewan Pimpinan Cabang HKTI Barito Timur masa bakti 2019-2024.

Pengukuhan dipimpin langsung Ketua HKTI Kalteng H Heriansyah di Tamiang Layang Kecamatan Dusun Timur, Sabtu (23/11) kemarin. (Vna)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya