Kajati Tinjau Langsung Persiapan Kejaksaan Terapkan CMS

Banjarmasin, KP – Kepala Kejaksaan Tinggi Kalsel Arie Ariffin, melakukan peninjauan langsung di Kejaksaan Negeri (Kejari) Banjarbaru, sebagai persiapan kedatangan tim dari Kementerian PAN dan Reformasi Birokrasi dan tim Kejaksaan Agung, untuk memberikan penilaian.

Penilaian yang dimaksud adalah kejaksaan di daerah ini harus menjadi Wilayah Bebas Korupsi dan Wilayah Brirokasi Melayani (WBK/WBBM), Kejaksaan Negeri Banjarbaru salah satu dari instansi kejaksaan di daerah ini yang akan didatangi tim, dua lainnya adalah Kejari Hulu Sungai Selatan dan Kejaksaan Tinggi Kalsel.

Hal ini dijelaskan Kepala Kejaksaan Tinggi Arie Ariffin, kepada awak media yang mengikuti perjalannnya tersebut, Selasa (19/11), ketika berada di Banjarbaru.

Selain itu ia juga mengatakan seluruh persiapan CMS (Case Management System) yang dimiliki Kejaksaan Negeri Banjarbaru sudah bisa beroperasi penuh.

“Nantinya semua perkara yang ada di Banjarbaru dapat diakses melalui CMS oleh pihak Kejaksaan Agung maupun Kejaksaan Tinggi, sehingga memudahkan untuk dilakukan pengontrolan perkara, dan saat ini yang diutamakan masalah perkara pidana umum,’’beber Arie yang didampingi Kepala Kejaksaan Negeri Banjarbaru Silvia Desty Rosalina dan para kepala seksi dilingkungannya.

Berita Lainnya
1 dari 870
Loading...

Apa yang dilakukan Kejaksaan Negeri Banjarbaru, menurut Arie sudah berjalan baik, dan tim tersebut akan datang hari ini Kamis (20/11).

Dengan dioperasikannya CMS ini bukan saja pihak Kejaksaan yang bisa mengakses perkara yang ditangani, tetapi masyarakat pun dapat mengaksesnya melalui telpon pintar. CMS ini dapat diikuiti proses penangganan perkara darui pelimpahan dari penyidik sampai kepada persdiangan di Pengadilan setempat sam;pai dengan eksekusi perkara.

Khusus Kejaksaan Negeri Banjarbaru, kini memiliki aplikasi Nanang Si Bungas, menurut Kasi Pidum Budi Muchlis ini untuk melayani masyarakat yang terkena tilang maupun ingin menemui tersangka di lembaga pemasyarakatan.

“Warga tidak perlu datang ke kantor kejaksaan cukup melalu telpon pintar dengan mengakses aplikasinya lewat play store,’’ ujar Budi sambil memberi contoh dihadapan sebuah komputer.

Sebelum menuju Banjarbaru Kepala Kejaksaan Tinggi menyempatkan diri mampir di Kejari Banjarmasin yang diterima langsung oleh Kepala Kejaksaan Negeri Banjarmasin Taufik Satia Diputra. Hanya beberapa waktu di kantor ini, Kajati melihat langsung dari kamar ke kamar yang ada di kantor tersebut.

Seperti diketahui dari Kejari yang ada di Kalsel hanya Kejari Hulu Sungai Tengah yang sudah menerima sebagai kantor WBK-WBBM. (hid/K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya