Kalsel tuan rumah Pra PON Kempo

Kadispora Hermansyah dan Fitri Hernadi. (Kp/nafarin fauzy)
578

Banjarmasin, KP – Setelah cabang menembak, Kalimantan Selatan kebagian jatah untuk menjadi tuan tuan babak prakualifikasi Pekan Olahraga Nasional (PON) yakni cabang olahraga Kempo.

Bertajuk Kejuaraan Nasional Shorinji Kempo kualifikasi menuju PON Papua XX pada 2020 ini di fokuskan di GOR Rudy Resnawan Banjarmasin mulai Selasa-Sabtu (12-16/11/2019) nanti.

Kadispora Kalsel H Hermansyah, melalui Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan sebanyak 586 atlet kempo bakal mengikuti ajang ini.

Mereka akan berlomba di 17 nomor yang dipertandingkan yakni 6 landore dan 11 embo.

Fitri menambahkan penyambutan kedatangan hampir 600 peserta prakualifikasi PON dari luar kota sudah disiapkan, termasuk lapangan pertandingan yang dipusatkan di GOR Rudy Resnawan Banjarbaru yang telah direnovasi sesuai standar nasional.

“Sesuai dengan keinginan pengurus Kempo di pusat, GOR Rudy Resnawan sudah kita benahi. Beberapa kekurangan sudah kita make up hingga memenuhi standar pelaksanaan kejuaraan nasional,” kata Nanang Banjar asal Kabupaten HSU ini.

Ketua Pengurus Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (Porkemi) Kalsel, Akhmad Fidayeen menargetkan dua sukses sekaligus yaitu sukses pelaksanaan dan sukses prestasi.

Pria yang menjabat Inspektur Daerah Provinsi Kalsel ini mengatakan kontingen Kalsel berjumlah 21 orang yang terdiri 17 pria dan 4 wanita.

“Kita berharap sebagai tuan rumah sukses melaksanakan, dan yang tidak kalah penting bisa meloloskan atlet ke babak PON 2020, ” jelas Dayen, sapaan akrabnya.

Menurut Dayen, atlet Kalsel pada ajang prapon ini turun di sembilan nomor pertandingan. Nomor yang diikuti Randori putra kelas 60 kilogram (kg), Randori putra kelas 65 kg. Lalu Randori putra kelas 70 kg, Randori putri kelas 55 kg, Randori putri kelas 60 kg, Randori putri kelas 65 kg, Embu berpasangan campuran kyukenshi, Embu berpasangan putra Kyukenshi, dan Embu beregu putera.

Dayen yakin selain lolos dari babak kualifikasi PON XX tahun 2020 di Papua, ia juga mematok target kontingen Kalsel mendapatkan tiga medali emas.

“Target kami tiga emas, dan bisa meloloskan 6 nomor ke babak PON,” ucapnya.

Dayen menjelaskan sesuai keputusan KONI Kalsel yang berhak turun di babak PON adalah urutan satu sampai 4 babak pra-PON.

“Di luar urutan tersebut kami pastikan tidak akan diberangkatkan ke PON. Semuanya kembali kepada atlet dan pelatih, jika duduk peringkat satu sampai empat berhak turun di babak PON. Mudah-mudahan kita bisa mendulang medali dan mengirim atlet sebanyak-banyak di babak PON,” kata pelaksana tugas Kepala Biro Hukum Setdaprov Kalsel ini. (rel/nfr/k-9)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...