Iklan
Iklan
Iklan
MartapuraTRI BANJAR

KP2KP Sosialisasikan Penurunan Tarif PPh UMKM

×

KP2KP Sosialisasikan Penurunan Tarif PPh UMKM

Sebarkan artikel ini
LIVE RADIO - Live Radio Banjar Talkshow mengangkat tema ``Penurunan tarif PPh UMKM’’.

Martapura, KP – Berbagai upaya dilakukan Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Martapura guna mensosialisasikan perpajakan pada masyarakat di Kabupaten Banjar, salah satunya lewat live Radio Banjar Talkshow yang mengangkat tema “Penurunan tarif PPh UMKM’’, di Radio Suara Banjar sebagai Lembaga Penyiaran Publik Lokal Pemkab setempat, Jum’at (1/11).

Dipandu penyiar senior Akhmad Effendy (Pepen), menghadirkan narasumber Kepala KP2KP Martapura Heri Sukoco didampingi staf penyuluh perpajakan Dhafin Fuad Mahathir dan Khoirun Niam.

Android

Heri Sukoco mengatakan, PP 23/2018 yang secara garis besar mengatur penurunan tarif PPh final, untuk UMKM sendiri yang semula 1 persen, kini menjadi 0,5 persen. Dia juga menjelaskan siapa saja wajib pajak yang boleh menggunakan tarif 0,5 persen, yakni orang pribadi, badan berbentuk koperasi, persekutuan komanditer, firma atau perseroan terbatas.

Saat ditanya tantangan terbesar dalam memberikan penyuluhan pada masyarakat di Kabupatem Banjar, Staf Penyuluh Pajak Dhafin mengakui jika kultur geografis dan wilayah yang cukup luas menjadi tantangan pihaknya.

“Namun KP2KP Martapura juga memberi berbagai kemudahan, juga bantuan dalam pembuatan buku laporan keuangan bagi masyarakat atau badan yang masih terkendala dalam pembuatan laporan perpajakan,’’ ucapnya.

Ditambahkan Heri Sukoco, pihaknya selalu terbuka membantu wajib pajak agar menjadi taat, karena pajak merupakan kewajiban bersama, jadilah pejuang pajak untuk pembangunan Indonesia.

Pada Talkshow kali ini Heri juga mengingatkan jika pelaporan bagi wajib pajak UMKM yang mendapat fasilitas 0,5 persen, batas pelaporan pembayaran pajaknya setiap tanggal 15 di bulan berikutnya, jangan sampai lengah, apalagi sengaja menghindari kewajiban membayar.

“Kesadaran wajib pajak Kabupaten Banjar sudah cukup baik, kami mengucapkan terimakasih pada semua pihak yang sudah bersinergi dengan KP2KP Martapura,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Iklan
Iklan