Masyarakat Diajak Saksikan Festival Pasar Terapung Lok Baintan

PASAR TERAPUNG - Pasar Terapung Lok Baintan ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Banjar.

Martapura, KP – Pemkab Banjar berharap masyarakat berbondong–bondong pada subuh Minggu atau Minggu pagi 17 November 2019 besok ke Festival Pasar Terapung Lok Baintan di Dermaga Bawah Jembatan Desa Sungai Pinang Kecamatan Sungai Tabuk.

Kadis Kebudayaan dan Pariwisata, Haris Rifani mengatakan, perhelatan 2019 ini mengambil tema “Menggenggam Semangat Tradisi’’. Pasar Terapung Lok Baintan merupakan warisan dari khazanah budaya turun temurun masyarakat di daerah Sungai Martapura.

“’Pasar Terapung Lok Baintan telah ditetapkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2015 sebagai Warisan Budaya Tak Benda Kabupaten Banjar,’’ ungkapnya didampingi Kabid Pemasaran Pariwisata Badiah.

Festival ini, lanjut Haris, bertujuan meningkatkan promosi pariwisata dan angka kunjungan wisata di Kabupaten Banjar, mempertahankan keunikan tradisi budaya dan pesona Pasar Terapung Lok Baintan, menarik wisatawan, baik dalam negeri maupun luar negeri dan menjadi pintu gerbang pertumbuhan ekonomi di tingkat daerah dan nasional.

Festival Pasar Terapung Lokbaintan, lanjutnya, siap menampilkan Tanglong Jukung, Jukung Hias Tradisional, Penampilan Formasi Jukung, Lomba Fotografi, Penampilan Seni dan Budaya Khas Banjar.

“Target peserta kami tingkatkan lagi. Tahun 2018 lalu 500 jukung, 2019 ini diikuti 550 jukung dari warga delapan desa di Sungai Tabuk,’’ ucapnya.

Untuk lomba fotografi, foto yang diikutsertakan adalah seluruh rangkaian kegiatan. Foto yang dikirimkan maksimal satu, konsepnya keindahan Festival Pasar Terapung Lok Baintan.

“Hadiah jutaan rupiah telah disiapkan bagi juara 1,2 dan 3 serta juara harapan dan juara favorit. Juara 1 mendapat Rp5.000.000 ditambah Tropy dan Sertifikat. Informasi lengkap di akun Instagram genpi.banjarkab,’’ ungkapnya.

Pengunjung/masyarakat Banjarmasin dan sekitarnya yang ingin menyaksikan dapat menuju Dermaga Bawah Jembatan Desa Sungai Pinang dan jalur darat dapat ditempuh sekitar 35 menit naik kendaraan dari Gerbang Batas Kota Banjarmasin Jalan Ahmad Yani Km 6 lurus menuju luar kota sejauh 11 km hingga menemui Bundaran Tugu 17 Mei Jalan Ahmad Yani Km 17.

Selanjutnya belok ke kiri memasuki Jalan Gubernur Syarkawi lurus sejauh 16 km (terus melewati Simpang Empat Sungai Tabuk) dan berhenti di Dermaga Lok Baintan. Untuk jalur sungai, pengunjung bisa menyewa kelotok di Sungai Martapura depan Siring Menara Pandang Banjarmasin.

“Disbudpar siap dibantu Dinas Perhubungan, Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, Dinas Kominfo, Dinas Lingkungan Hidup, Polres Banjar, Camat Sungai Tabuk, Polairud, Polsek dan Koramil setempat,’’ pungkasnya. (wan/K-5)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...