Pekan Deteksi Dini IVA Tes Diseluruh Puskesmas

Banjarbaru, KP – Wakil Ketua TP PKK Eny Apriyati melakukan kunjungan/supervisi pekan deteksi dini dengan metode IVA diseluruh puskesmas kelurahan dan kecamatan se Kota Banjarbaru, Senin (11/11).

Hari pertama pada Puskesmas Sungai Besar dan Banjarbaru Selatan. Dijelaskan Eny, kegiatan pencegahan dengan metode IVA Test adalah metode inspeksi visual dengan asam asetat atau dikenal dengan sebutan visual inspection with acetic acid (VIA).

”Artinya pemeriksaan IVA juga termasuk dalam salah satu metode skrining kanker serviks atau leher rahim, dengan metode ini, sangat penting dilakukan karena pemeriksaan dan pencegahan dini sangat penting,” pesannya.

Berita Lainnya

Pjs Walikota Ajak Edukasi Masyarakat

Pilkada Jangan Jadi Klaster Baru Covid-19

1 dari 1.199
Loading...

Menurutnya ini juga wujud nyata karena dari tahun ke tahun angka penderita kanker serviks dan payudara di Banjarbaru kian menurun dan jumlah peserta pendaftar sudah melebihi target, sudah mecapai 1000 lebih.

”Apalagi persyaratan untuk mendaftarkan diri ke Puskesmas terdekat hanya dengan membawa fotocopy KTP peserta,” katanya.

Eny juga mengingatkan agar selalu rutin memeriksakan diri ke rumah sakit atau puskesmas, agar terwujud Banjarbaru menuju Kota sehat. Masyarakat pun untuk terus menjaga kesehatannya, rajin melakukan pencegahan dini.

”Karena mencegah lebih baik dari pada mengobati,” pungkasnya. (wan/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya