Pilgub Kalsel, Petahana Daftar Enam Parpol

Banjarmasin, KP – Petahana, H Sahbirin Noor terus menjalin koalisi dengan partai politik lain untuk mengusung dirinya kembali maju pada Pemilihan Gubernur (pilgub) tahun depan.

Ketua Partai Golkar Kalsel ini melamar di partai politik yang memiliki kursi di DPRD Kalsel, bahkan sudah enam parpol yang didatangi untuk mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur Kalsel.

Diantaranya, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Nasional Demokrat (NasDem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Gerindra dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Upaya Partai Golkar untuk membangun koalisi dengan parpol lain akan terus dilanjutkan dalam rangka menyamakan persepsi dan misi mengusung gubernur petahan kembali menjabat untuk periode kedua.

Namun kali ini, petahana yang akrab disapa Paman Birin tidak mengantarkan langsung berkas lamaran ke sekretariat DPW PKB Kalsel, di Jalan Sultan Adam Banjarmasin, Rabu (20/11).

Penyerahan berkas pendaftaran pencalonannya diwakil kepada Tim Pemenangan DPD Partai Golkar Kalsel, diantaranya Sekretaris DPD, Adi Kartika, Koordinator Bidang Pemenangan Pemilu Wilayah Kalsel 2, H Puar Junaidi bersama jajaran lainnya, yang diterima Sekretaris DPW PKB Kalsel, Hormansyah.

Menurut Puar Junaidi, akan ada komitmen-komitmen politik bagi parpol yang mengusung gubernur petahana, mengingat koalisi ini melibatkan beberapa parpol.

Berita Lainnya
1 dari 1.038

“Nanti akan ada komitmen politik bagi parpol pengusung,” tambah Puar Junaidi.

Sedangkan mengenai pasangan calon wakil gubernur yang akan disandingkan dengan Sahbirin Noor, Puar Junaidi mengatakan, pihaknya bersikap demokratis.

“Siapa pun sosok yang memiliki elektabilitas tinggi berdasarkan lembaga survei berpeluang mendampingi Paman Birin maju dalam Pilgub 2020, tak terkecuali kader parpol pengusung,” jelasnya.

Sekretaris DPW PKB Kalsel, Hormansyah mengakui hingga kini baru petahana yang mengembalikan berkas pencalonan gubernur ke PKB, dan pihaknya akan memproses sesuai mekanisme partai.

“Karena yang berwenang menentukan kandidat yang diusung adalah Dewan Pengurus Pusat (DPP),” kata anggota Komisi III DPRD Kalsel ini.

Hormansyah mengakui, DPW PKB Kalsel hanya sebatas rekomendasi untuk nantinya menjalani fit and profer test atau uji kelayakan terhadap bakal calon kandidat yang akan diusung partai.

Rencananya, Paman Birin juga melamar ke Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pada pekan depan. (lyn/KPO-1)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya