Rumah Muhidin Ludes Dilalap Api

KOBARAN API - Si jago merah ketika mengamuk di pemukiman Jalan Kampung Melayu Laut Gang II RT 16 Banjarmasin Tengah. (KP/Andui)

Banjarmasin, KP – Rumah Ketua rukun Tetangga (RT) ludes dilalap si Jago merah bersama rumah warga lainnya, di pemukiman kawasan Jalan Kampung Melayu Laut Gang II RT 16 Banjarmasin Tengah, Kamis (7/11), sekitar pukul 10.15 WITA.

Dari keterangan didapat, yang terbakar adalah rumah Ketua RT 16 Muhidin, dan enam rumah warga lainnya.

Abu Bakar salah satu warga yang juga anggota Orari menceritakan, awalnya tak sengaja melihat asap tebal, lalu warga berhamburan ke luar rumah dan berlarian sambil berteriak ada kebakaran.

“Waktu saya sedang berada di rumah melihat asap tebal di rumah Pak RT. Lalu terdengar teriakan kebakaran dari warga lain,” jelasnya.

Hal inilah membuat warga langsung bergegas melakukan penyiraman. “saya pun langsung turun ke lokasi kebakaran sambil meminta bantuan dan meminta kepada anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) tak jauh dari lokasi kejadian,” katanya.

Beruntung anggota BPK lainnya ikut berdatangan dan membantu warga guna memadamkan api. Dan dengan cepat api pun dapat dipadamkan hanya hitungan puluhan menit.

Menurut Hanafi warga sekitar, api pertama kali terlihat dari rumah Muhidin yang merupakan Ketua RT setempat.

“Dari rumah Pak RT apinya kemudian menjalar ke rumah Rahmawati, Mastika, dan Faridah. Saat kejadian Pak RT dan istrinya sedang ke luar,” jelasnya.

Lokasi kebakaran yang berada di dalam gang sempat menyulitkan pemadam kebakaran melokalisir api.

Selain itu wilayah tersebut merupakan kawasan pemukiman yang padat dan berdempetan. Sehingga membuat api dengan mudah menjalar dari satu bangunan ke bangunan lain yang berbahan kayu.

“Akibat kebakaran menghanguskan 7 buah rumah yang terdiri 3 buah rusak parah 100 persen , 1 buah rusak 70 persen, 1 buah rusak ringan 30 persen di RT 16. Kemudian 1 buah rusak ringan 30 persen, 1 buah rusak ringan 10 persen di RT 04,” kata Kepala Pelaksana BPBD Banjarmasin HM Hilmi, Kamis (7/11) siang.

Adapun data pemilik atau penghuni rumah yang terbakar di RT 16, yakni  Armansyah (1 KK 2 jiwa), Edy (2 KK – 9 jiwa), Muhidin (1KK -3 jiwa), dan M.Surya Nata (1KK 5 jiwa). Sementara di RT 04 yaitu Arifin (1 KK 5 jiwa), Mastika (2 KK 8 Jiwa) dan Ufi (1 KK 4 Jiwa)

Kerugian akibat kebakaran sendiri, ditaksir sebesar Rp1 miliar. “Penyebab kejadian kebakaran masih dalam penyellidikan pihak berwajib. Pendataan musibah kebakaran dan menyiapkan bantual logistik serta berkoordinasi dengan instansi terkait untuk langkah selanjutnya,” kata Hilmi.

Kapolsekta Banjarmasin Tengah, AKP Irwan Kurniadi SIK, saat dikonfirmasi membenarkan adanya peristiwa kebakaran.

“Anggota sudah ke lapangan untuk mengumpulkan keterangan saksi untuk mencari tahu penyebab pastinya kebakaran tersebut,” sebutnya. (fik/K-4)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...