“Seakan Mimpi Badapatan Kulaan Banjar”

“Seakan Mimpi Badapatan Kulaan Banjar”

Banjarmasin, KP –Haru, gembira hingga linangan air mata mewarnai ‘ Badapatan Kulaan Banjar’ (pertemuan keluarga Banjar,red).

Kulaan Banjar di perantauan berasal dari berbagai daerah Indonesia, Singapura, Brunei Darussalam dan Malaysia, bersilaturahim dengan Sultan Khairul Saleh di rumahnya di kawasan Banjar Indah, Banjarmasin, Kamis (28/11) lalu.

Sultan Khairul Saleh sendiri mengaku terharu atas kedatangan tamu-tamu orang banjar yang berada di perantauan tersebut, sekaligus merasa gembira bisa berjumpa atau tatap muka untuk saling mengenal satu sama lain.

Sementara Sultan Khairul Saleh berjanji akan berkunjung ke kantong-kantong pemukiman orang Banjar di perantauan, baik Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam, atau di berbagai provinsi tanah air sendiri.

“Saya jika diundang menghadiri acara peresmian pasar, museum, masjid, acara aruh orang Banjar, di pemukiman suku Banjar di perantauan.

Insya Allah menghadirinya, asal tak bersamaan waktu kegiatan DPR-RI,” katanya.

Keinginan untuk mengunjungi satu per satu pemukiman orang Banjar perantauan tersebut memang sudah lama didambakannya.

Apalagi di beberapa daerah, seperti di Malaysia ada warga Banjar di negara tersebut yang memiliki tali persaudaraan, atau juriat dengan dia sendiri yang tentu sudah seharusnya dikunjungi.

Dalam kesempatan tersebut, Sultan Khairul Saleh memaparkan cerita atau sejarah berdirinya kerajaan Banjar dari satu periode kepriode yang lain secara panjang lebar, sehingga memperoleh respon yang besar dari para kulaan Banjar yang datang ke rumah tersebut.

[]Seakan Mimpi

Sedangkan Bang Amir Banjar, seorang pengusaha asal Kota Bandar Sri Begawan, Brunei Darussalam mengaku terharu dan tak menyangka bisa bertemu dengan orang keturunan raja-raja Banjar, seperti Sultan Khairul Saleh.

“Seakan bermimpi bisa bertemu dengan keturunan raja Banjar,” ucap Bang Amir Banjar terbata-bata saat diwawancarai mengenai kesan pesan bersilaturahim dengan mantan Bupati Banjar yang kini anggota DPR-RI tersebut.

Bang Amir Banjar adalah keturunan Banjar yang mempunyai isteri kerabat dari Kesultanan Brunei Darussalam.

Dia merupakan eorang pengusaha sukses di negara tersebut dan berada di Banjarmasin beserta puluhan orang kulaan Banjar lainnya untuk mengikuti Kongres Budaya Banjar (KBB) V, 28 November hingga 1 Desember di Banjarmasin. Kongres Budaya Banjar V kali ini akan membahas isu aktual seputar peran urang Banjar di era 4.0.

Sebelum kongres dimulai menyempatkan diri bersama-sama dengan peserta kongres lainnya bertandang ke rumah Sultan Banjar Khairul Saleh.

Mengakhiri pertemuan, peserta berfoto bersama Sultan sebagai kenang-kenangan, dan juga ada yang memberikan cinderamata, seperti Pak Amini dari Sungai Besar, Perak Malaysia, memberikan cinderamata.

Sementara Sultan memberikan satu per satu tamu dengan sebuah buku mengenai sejarang peperangan Banjar dan hikayat mengenai kerajaan Banjar yang ada di wilayah paling selatan Pulau Kalimantan tersebut.

Pertemuan diakhiri dengan jamuan makan minum, baik menikmati kuliner kue serta makanan khas Banjar, seperti  wadai roti pisang, bikang kentang, bikang tapai, bingka bakukus pacah diilat, dan makanan khas soto Banjar.(ags/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...