Status Siaga Karhutla Pulpis Resmi Berakhir

PULANG PISAU,KP – Status siaga posko lapangan dan posko induk kebakaran hutan dan lahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pulang Pisau, Kus 31 Oktober 2019, resmi ditutup.

Meskipun, hingga saat ini Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di wilayah setempat masih ada beberapa sekitar 32 titik api, khususnya di bagian selatan, seperti Kecamatan Pandih Batu, Sebangau Kuala, dan Kahayan Kuala.

“Untuk pemadaman wilayah pesisir sangat sulit yang dikarenakan medan yang ditempuh tidak bisa ditembus, ” ucap Kepala Bidang Operasi BPBD Pulang Pisau, Tekson.

Sementara IC Posko Karhutla, Mayor inf Mulyadi mengatakan dengan ditutupnya kegiatan tersebut, kedepannya pihaknya akan terus melakukan koordinasi kepada masing-masing posko dan akan tetap melaksanakan pemadaman dengan upaya masing-masing.

“Kami akan terus melaksanakan pemadaman dan patroli yang tergabung dari TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan masyarakat sekitat,” kata Mulyadi

Berita Lainnya
1 dari 482
Loading...

Dia menjelaskan, kendala selama pemadaman adalah jumlah personil yang tidak sebanding dengan luasan wilayah karhutla, sarana prasarana, kondisi masyarakat yang kurang perduli dengan kebakaran yang ada disekitar.

Terpisah, Kepala BPBD Pulpis, Salahudin menginginkan pemerintah desa memiliki suatu anggaran untuk perlengkapan karhutla agar pemdes bisa melakukan pemadaman dini. Sebab, apabila menunggu instruksi posko induk sangatlah memakan waktu.

“Sehingga dengan adanya itu di pemdes, posko induk akan merasa sangat terbantu,” kata Salahudin

Menurutnya, perusahaan yang berada diwilayah Pulpis, kedepannya harus bertanggung jawab untuk memiliki program kesiap siagaan dan perlu adanya suatu pelatihan.

“Tidak hanya petugas Pemkab, nantinya juga Pemdes dan perusahaan yang ada di pulang pisau ikut andil dalam penanganan karhutla,” tandasnya. (sgt k-8)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya