33 Perguruan silat Ikuti Kejuaraan Piala Ketua KONI B.Masin

Banjarmasin, KP – Dalam rangkaian melestarikan dan mempopulerkan olahraga beladiri tradisional budaya bangsa, Pencak Silat.. Wakil Walikota Banjarmasin, H Hermansyah, bekerjasama dengan IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia) Kalimantan Selatan dan IPSI Kota Banjarmasin, menggelar Kejuaraan Pencak Silat Antar Perguruan se Kota Banjarmasin.

Memperebutkan piala Ketua KONI Kota Banjarmasin H Hermansyah. Dilaksanakan mulai Selasa 14 Desember hingga 15 Desember 2019 di Taman Siring Balai Kota Banjarmasin, kejuaraan ini setidaknya diikuti 33 perguruan yang ada di kota Seribu Sungai.

Pertandingan ini diketahui bertujuan untuk melestarikan pencak silat di Kalsel sekaligus seleksi menyiapkan atlet untuk menghadapi Kejuaraan Provinsi (Kejurprov) 2019.

Ketua KONI Kota Banjarmasin, H Hermansyah usai membuka festival Pencak Silat 2019 ini mengatakan, potensi Pencak Silat di Kalsel sudah tak diragukan lagi, apalagi dalam hal prestasi, makanya ia berharap melalui kegiatan ini lebih banyak lagi atlet pencaksilat Banjarmasin yang akan muncul.

“Selain itu, kita juga ingin melestarikan budaya, apalagi silat. Bahkan kalau bisa pencak silat selalu digelar dalam setiap acara besar agar budaya ini bisa terus berkembang di banua ini,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 399

Selain itu, Hermansyah juga berharap, kedepan kegiatan semacam ini bisa lebih sering dilaksanakan, tujuannya untuk terus meningkatkan dan memperkenalkan pencak silat di kalangan anak muda saat ini agar budaya ini lebih lestari.

Sementara itu, Widarta Rachmat, Sekretaris IPSI Kalimantan Selatan, menyampaikan, sebenarnya peserta bisa mencapai 35 perguruan, hanya saja ada beberapa yang berhalangan mengikuti kejuaraan ini.

“Jadi peserta hanya 33 perguruan, mereka akan bertanding dalam dua kategori yakni berpasangan serta beregu atau kelompok, dengan memperlihatkan kreasi silat dari perguruan masing masing,” ucapnya.

Menurut Widharta pertandingan ini berhasil digelar karena sinergitas antar Perguruan pencak silat di banjarmasin yang selalu menjaga persatuan dan kesatuan satu sama lain.

“Terimakasih kepada seluruh perguruan pencak silat yang selalu menjaga persatuan dan kekompakan di kota Banjarmasin dan berharap dengan kebersamaan ini kita dapat melahirkan atlet atlet handal bagi kota Banjarmasin,” pungkasnya.

Kejuaraan yang dihadiri Ketua Harian IPSI Kalsel, H Djumadri Masrun dan Ketua FORMI (Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Kota B.Masin Hj Titin Roosmiyati Imran, juga dimeriahkan dengan peragaan pencak silat oleh beberapa wakil perguruan, juga oleh Sekretaris IPSI Kalsel H Widharta Rahman dengan jurus Kuntaw Bangkui. (ant/nfr/k-9)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya