Disosialisasikan Program Kerjasama Penelitian Jepang

Palangka Raya.KP – Rektor Universitas Palangka Raya Bidang Umum dan Keuangan Suriansyah Murhaimin, Senin (2/12) membuka kegiatan sosialisasi Program Japan Socety for the Promotion of Science (JSPS)

JSPS merupakan program kerjasama penelitian bersama dengan Univesitas Hokaido Jepang dengan Lembaga Perguruan Tinggi dan Peneliti Indonesia diberbagai bidang, khususnya Ilmu dan Pengetahuan.

Erwan Kadena dari ITB  yang memegang program itu memaparkan Kerjasama Riset JSPS, terkait penelitian dengan kerjasama Jepang. Tujuan sosialisawi untuk perkenalkan program dikti kepada calon peneliti yang bermin.

Untuk itu ia ajak peneliti yang ada di UPR ikut berperan dalam program tersebut agar bermanfaat bagi perkembangan UPR.

Ini sesuatu hal yang wajar dan lumrah agar bisa dilaksanakan, agar banyak diketahui orang, sehingga banyak peminat untuk mengikutinya, paparnya.    

Diakuinya pada awalnya program itu banyak di Jawa, tapi perkembangannya meluas. Diakui sangat sulit mendapat peluang riset ini, tapi sekali dapat maka kian banyak peluang lainnya, dan banyak dapat fasilitas.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suriansyah Muhaimin menyatakan para dosen diharapkan memiliki kualifikasi dan kemampuan penelitian.

Di lingkup UPR sesuai karakteristik daerah khususnya penelitian dalam bidang gambut, sebab kalteng sangat luas dan UPR merupakan pusat kajian gambut. 

Kegiatan ini sangat positif bagi peneliti muda, meski bukan lulusan Hokaido Jepang, papar Suriansyah. Diharapkan  melalui ini juga kian banyaknciptakan doktor2 untuk UPR mengembangkan lembaga ini ke depan, seperti Cimtrop. (drt/k-8)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...