IPKM Kalsel Alami Peningkatan

Indeks Pembangunan Manusia (IPM) merupakan suatu indeks komposit yang mengukur pencapaian rata-rata sebuah negara dalam 3 dimensi dasar pembangunan manusia yang dianggap sangat mendasar, yaitu usia harapan hidup, pengetahuan, dan standar hidup layak.

Pada paradigma IPM, fokus utama ditujukan untuk pengembangan manusia, kemakmuran, keadilan, dan keberlanjutan.

Indeks Pembangunan Kesehatan Masyarakat (IPKM) adalah kumpulan indikator kesehatan yang dapat dengan mudah dan langsung diukur untuk menggambarkan masalah kesehatan. Serangkaian indikator kesehatan ini secara langsung maupun tidak langsung dapat berperan meningkatkan umur harapan hidup yang panjang dan sehat.

IPKM di Provinsi Kalimantan Selatan mempunyai nilai minimal tahun 2018 lebih tinggi dari nilai IPKM provinsi tahun 2013. Peningkatan IPKM 2018 Provinsi Kalimantan Selatan didukung oleh membaiknya nilai 6 sub indeks di provinsi tersebut.

Hanya sub indeks penyakit tidak menular yang menurun. Kesenjangan nilai IPKM antar kabupaten/kota mengecil pada 2018 dibandingkan pada tahun 2013.

Berita Lainnya
1 dari 389

Perubahan nilai indicator di Provinsi Kalimantan Selatan semakin membaik. Kesenjangan mengecil hampir pada semua nilai sub indeks yaitu sub indeks kesehatan balita, kesehatan reproduksi, perilaku, dan penyakit menular.

Capaian indikator-indikator kesehatan mengenai pembentuk sub indeks tersebut di Provinsi Kalimantan Selatan semakin meningkat, namun indikator pembentuk sub indeks penyakit tidak menular harus mendapat perhatian, karena terjadi kenaikan pada nilai sub indeks tersebut.

Peningkatan paling signifikan dapat dilihat dari angka harapan hidup (AHH). AHH termasuk salah satu mengukur kualitas kesehatan di suatu daerah. Semakin tinggi AHH maka kualitas kesehatan juga semakin baik.

Pencapaian indikator AHH Provinsi Provinsi Kalimantan Selatan selama beberapa tahun terakhir terus meningkat. Hal ini dapat terlihat dari capaian tahun 2010 sebesar 66,65 persen dan pada tahun 2018 mencapai 68,23 persen. Dari hasil kinerja tersebut menyatakan bahwa angka harapan hidup di Kalimantan Selatan berstatus sangat memuaskan, dengan kata lain bahwa Provinsi Kalimantan Selatan telah cukup berhasil dalam pencapaian kinerja utama ini.

Angka Harapan Hidup merupakan alat untuk mengevaluasi kinerja pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan penduduk pada umumnya dan meningkatkan derajat kesehatan pada khususnya.

Angka harapan hidup merupakan salah satu dimensi yaitu dimensi kesehatan yang digunakan dalam penghitungan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) selain dimensi Angka Harapan Sekolah (Pendidikan) dan Produk Domestik Bruto per kapita (Ekonomi).

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya