Kebakaran ‘Dahsyat’ Hanguskan Puluhan Rumah

BANJARMASIN, KP – Kebakaran ‘dahsyat’ kembali terjadi di Banjarmasin. Kali ini puluhan rumah hangus tersisa arang di pemukiman Gang Makmur dan Mutar RT 7, serta Sriwijaya RT 8 di Jalan Pekapuran B Laut Banjaramasin Tengah, Kamis dinihari (19/12), sekitar pukul 02.00 WITA.

Meski musibah kebakaran terjadi saat hujan turun, namun api berkobar dengan cepat hingga menghanguskan 42 rumah. Akibatnya 164 jiwa dari 58 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal.

Tidak itu saja, amukan si jago merah juga menyebabkan seorang warga bernama H Rahmadi (50) menjadi korban luka bakar.

Oleh tim relawan gabungan, korban langsung dilarikan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Ulin Banjarmasin untuk mendapatkan perawatan medis, karena luka bakar yang dialaminya cukup serius.

Dari keterangan warga setempat Syaifullah (44), setengah jam sebelum kebakaran sempat terjadi pemadaman listrik dan sekitar pukul 01.30 WITA listrik menyala.

Saat guyuran hujan cukup deras, terdengar teriakan warga ada kebakaran. Warga yang mendengar langsung berhamburan dan berupaya memadamkan api dan sebagian lainnya menyelamatkan harta benda.

“Dari teriakan warga api berasal dari rumah H Rahmadi. Kalau penyebab api saya masih kurang tahu,” ujarnya.

Selanjutnya, ratusan anggota Barisan Pemadam Kebakaran (BPK) gabungan di Banjarmasin berdatangan untuk berusaha memadamkan kobaran api yang cukup Meskipun kondisinya hujan, api dengan cepat membesar dan melumat rumah warga yang rata-rata berbahan kayu tersebut. Dan BPK baru berhasil menjinakan api sekitar satu jam kemudian.

Kapolsekta Banjarmasin Tengah, AKP Irwan Kurniadi SIK, saat dikonfirmasi mengatakan, masih belum mengetahui asal usul api penyebab kebakaran.

Berita Lainnya
1 dari 852
Loading...

Dikatakannya, anggota masih mengumpulkan keterangan empat saksi yang melihat kejadian ini.

“Dugaan sementara asal api diduga dari konsleting listrik,” timpalnya.

Ia juga membenarkan, musibah tersebut menyebabkan satu warga menjadi korban luka bakar. “Korban H Rahmadi, terkena percikan api di bagian lengan kanan, punggung dan Kepala,” jelasnya.

AKP Irwan Kurniadi juga masih belum bisa menaksir berapa kerugian dari kebakaran tersebut.

Dari data yang didapat warga yang rumahnya terbakar di Gang Sriwijaya RT 08 RW 02, adalah Muslih, Nini Aisyah, Salnudin, Nisa, Rumah Bedakan dua Pintu milik H Kahfi yang ditempati Rahmatullah dan Muhammad Alwi.

Kemudian di Gang Mutar RT 7 rumah yang terbakar dihuni Iyah, Abah Sarman, Safwani, Aisyah, Ansari, Sarkani, Mahdiah, Abdul Hamid, H Mahyani, dan H Alabi (rumah dalam keadaan kosong)

Selanjutnya di Gang Makmur menghanguskan rumah H Majedi, Wahyudin, M Almizan, Hj Maisarah, Agus Salim, Rahmadi, Hambariah, Nurdin, Rahmadi, Acil Husnah, Gusti M Noor, Lamsah, Erhansah, Hormansyah, Muslim, Aslan, H Arbain, Rosita, Hendra, Itang, Norita, Hj Juriah, Soleha, Salabiah, dan Abdullah.

Kepala BPBD Banjarmasin H Muhammad Ilmi turut prihatin atas musibah yang terjadi tersebut. Bagi dia, kebakaran yang melanda pemukiman padat penduduk di tiga gang ini merupakan kebakaran terparah di penghujung 2019.

“Jadi ini adalah musibah yang keenam sepanjang bulan ini di Banjarmasin dan ini adalah yang terbesar karena yang lain sebelumnya tidak banyak dan hanya satu dua rumah saja yang terbakar,” sebutnya. (fik/K-4)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya