Masyarakat Diingatkan Tidak Euforia Saat Perayaan Tahun Baru

Paringin, KP – Bupati Balangan, H Ansharuddin meminta agar masyarakat di Kabupaten Balangan tidak euforia saat merayakan Tahun Baru 2020.

“Diminta agar masyarakat Balangan dalam merayakan malam pergantian tahun, bisa menjaga ketentraman, ketertiban dan kondusifitas daerah dengan tidak melakukan kegiatan berlebihan,” pinta bupati H Ansharuddin.

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan bersinergi dengan Kepolisian Republik Indonesia dan Tentara Nasional Indonesia (TNI-Polri) untuk mengamankan natal dan pergantian tahun baru 2020.

“Alhamdulillah, tugas pengamanan Natal berjalan dengan baik, dan masyarakat nonmuslim bisa beribadah dengan tenang. Pengamanan bersinergi atau kerjasama dengan TNI-Polri untuk mengamankan wilayah Kabupaten Balangan,” kata bupati, Minggu (29/12).

Ia pun mengimbau masyarakat agar tidak merayakan malam pergantian tahun baru 2020 dengan hal-hal yang negatif, namun mengutamakan kegiatan berupa tasyakuran dan dzikir.

“Kami ingin masyarakat tidak merayakannya dengan ugal-ugalan di jalan, masyarakat agar harus bisa menjaga keamanan. TNI-Polri dan Satpol PP akan sweeping ke beberapa tempat dalam proses pengamanan,” katanya.

Berita Lainnya
1 dari 1.235
Loading...

Dalam kesempatan yang sama Kepala Satpol PP Balangan, Rahmadi Yusni SSos MAP mengatakan, dalam kegiatan pengamanan tahun baru 2020 pihaknya sudah melakukan imbauan kepada masyarakat agar merayakan dengan cara yang positif.

“Kita juga pada beberapa hari yang lalu sudah melakukan operasi penyakit masyarakat (pekat) sesuai dengan peraturan daerah. Operasi ini bertujuan untuk mengamankan masyarakat jelang tahun baru 2020,” jelasnya.

Terpisah, seperti yang pernah disampaikan Kapolres Balangan AKBP Nur Khamid mengatakan, dalam pengamanan Natal dan tahun baru pihaknya mendirikan beberapa pos keamanan dan satu pelayanan terhitung tanggal 23 Desember 2019 sampai 1 Januari 2020.

“Kami mendirikan beberapa pos pengamanan dan satu pos pelayanan dengan kekuatan personel gabungan pengamanan Natal dan tahun baru mencapai 137 personel,” jelasnya.

Dijelaskannya, menjelang pelaksanaan Natal dan Tahun Baru Polres Balangan makin meningkatkan pengamanan. Dengan melakukan pemantauan dan pengamanan tempat ibadah. Untuk menimbulkan suasana aman dan kondusif kegiatan rutin pengamanan Natal dan Tahun Baru. 

“Semua anggota melakukan pemantauan guna melakukan keamanan Natal dan Tahun Barus di gereja di Kabupaten Balangan yang berada di Desa Kapul dan Gunung Riut,” jelas Kapolres.

Disebutkannya, ada 20 gereja di Kabupaten Balangan yang melakukan acara natal di malam hari yaitu Desa Kapul dan Gunung Riut dan sisanya melakukan natal serentak di siang hari tangal 25 Desember 2019 dengan mengerahkan 137 personil.

“Untuk menimbulkan suasana kondusif natal dan tahun baru pihak Polres Balangan mengerahkan 137 personil yang tersebar di 20 gereja yang berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 24 dan 25 Desember 2019,” pungkasnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya