Paman Birin : Pelabuhan Mekar Putih Layak Internasional

331

Surabaya, KP –  Perairan yang dalam menjadi salah satu kunci untuk bongkar muat kapal dalam jumlah besar. 

Hal tersebut dimiliki kawasan Mekar Putih yang didorong menjadi pelabuhan internasional.

Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor,  menegaskan Pelabuhan Mekar Putih layak berstatus internasional. 

Hal itu disampaikan gubernur yang akrab disapa Paman Birin itu melalui Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris Makkie,  saat mengikuti rapat kerja bersama PT Pelindo III, di Gedung Barunawati Surabaya, Senin (2/11) lalu.

Banyak keuntungan yang akan didapatkan jika memiliki pelabuhan internasional.  Salag satunya adalah bongkar muat barang dalam bentum besar-besaran baik dari dalam dan luar negeri.

Perairan Kotabaru merupakan Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) II dan berada di posisi strategis dengan letak geografis persis di tengah-tengah kepualaun Indonesia.

“Jika pelabuhan laut berskala internasional itu dimiliki, maka dapat dipastikan bongkar muat barang, dan jasa dari dalam serta luar negeri, khususnya regional Kalimantan akan dilakukan di pelabuhan Kotabaru.

Secara otomatis dapat meningkatkan perekonomian daerah,” terangnya Paman Birin melalui Abdul Haris.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kalsel, Nurul Fajar Desira, menjelaskan dengan terbangunnya pelabuhan laut tersebut, secara otomatis berdampak positif pada perekonomian di daerah, terlebih Kalimantan Selatan menjadi Provinsi penyangga Ibu Kota Negara baru.

Dikatakan Fajar, pelabuhan tersebut akan terkoneksi dengan jembatan Pulau Laut-Pulau Kalimantan, kawasan Industri Jorong dan Batulicin, selain itu juga dihubungkan dengan jalan bebas hambatan kawasan Banjarbaru-Batulicin.

Fajar berharap Pelindo III dapat mendukung apa yang menjadi keinginan Kalsel karena pelabuhan merupakan pilar utama atau basis pertumbuhan ekonomi. (mns/K-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...