Permudah Operasional Dana BOS, Banjarmasin Launching Aplikasi Bakulkas

7.871

Banjarmasin, KP – Permudah pengoperasian dana BOS, Pemko Banjarmasin melalui Dinas Pendidikan melaunching aplikasi Bakulkas, aplikasi ini merupakan tata kelola dana BOS yang dapat memberikan efektifitas pada pengelolaan, mulai dari perencanaan, penggunaan hingga pertanggungjawabannya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Banjarmasin, M Syarwani mengungkapkan aplikasi ini mempermudah pihaknya dalam merencanakan, menggunakan dan melaporkan kegiatan dana BOS yang dilaksanakan setiap tahunnya.

“Ini juga mempermudah manajemen dana BOS di Kota Banjarmasin untuk melihat RKS dari sekolah sekolah, dengan adanya aplikasi Bakulkas ini, semuanya bisa terkontrol dengan baik dan benar,” katanya.

Syarwani mengaku sebelum melaunching aplikasi Bakulkas pada hari ini, pihaknya sudah mempelajari secara detail ihwal aplikasi itu, ia menargetkan 2020 aplikasi tersebut akan efektif digunakan seluruh sekolah di Banjarmasin.

“208 negeri tambah 50 swasta, ini baru SD, bukan termasuk SMP, jadi ada ratusan lah nanti yang menggunakan aplikasi ini pada tahun depan,” ujarnya.

Adapun soal jumlah dana BOS yang dikucurkan, Syarwani masih belum bisa merinci, pasalnya dana BOS bergantung pada jumlah siswa, ketika jumlah siswa tersebut banyak, maka banyak pula dana BOS yang dikucurkan.

“Begitu pula sebaliknya, kalau sedikit ya pasti lebih sedikit dana BOSnya turun,” bebernya.

Sementara itu, Walikota Banjarmasin, H Ibnu Sina menyambut baik launching aplikasi bakulkas tersebut, menurutnya setiap tahun dana BOS selalu menjadi momok tersendiri saat tiba pertanggungjawabannya.

“Seringkali dilaksanakan dana BOS ini, tapi saat pertanggungjawaban tak jarang jadi kendala, ini menjadi dampak bagi serapan DInas Pendidikan sendiri, mudah mudahan dengan adanya aplikasi ini, dana BOS bisa terserap dengan baik tahun depan,” harapnya. (zai/KPO-2)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...