PKK Balangan dan Dinkes Gelar Jambore Kader Posyandu

TROPY – Diserahkan Ketua TP PKK Balangan Hj Nursidah Ansharuddin kepada para juara dalam jambore kader posyandu. (KP/Ist)
7.871

Paringin, KP – Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) kabupaten Balangan menggagas Jambore Kader Posyandu 2019 se kabupaten Balangan. Kegiatan yang menggait Dinas Kesehatan setempat mengangkat tema “Melalui jambore kader Posyandu, Kita tingkatkan pemberdayaan dalam mewujudkan GERMAS dan menurunkan stunting”, digelar di halaman Dinas Kesehatan, Sabtu (7/12) kemarin.

Ketua TP PKK Balangan, Hj Nursidah Ansharuddin mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk menyampaikan bagaimana tugas para kader PKK di setiap desa dalam menjelaskan kepada masyarakat tentang pentingnya pencegahan terhadap stunting. “Kader posyandu ini nantinya bisa menjelaskan kepada masyarakat bagaimana untuk pencegahan stunting, karena angka stunting di Kabupaten Balangan ini sangat tinggi sekali,” ujarnya

Istri orang nomor satu di Bumi Sanggam juga menyarankan untuk setiap orang tua yang memiliki anak balita, diharapkan agar selalu memeriksa kesehatan tubuh pada anak tersebut.

“Setiap orang tua yang memiliki anak balita tolong dibawa ke posyandu, dicek imunisasinya lengkap atau tidak, dan juga imunisasi itupun juga untuk mencegah penyakit yang akan datang ke tubuh anak itu sendiri, sehingga dia memiliki kekebalan daya tahan tubuhnya,” tambahnya

Adanya jambore kader posyandu ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan kecerdasan para kader sekaligus sebagai persiapan untuk mengikuti lomba di provinsi.

Peran posyandu, menurut Hj Nursidah sangat penting. Karena sasarannya adalah langsung ke masyarakat desa. Para kader posyandu, ujung tombak pemerintah untuk memberikan sosialisasi tentang kesehatan kepada masyarakat.

“Merekalah yang secara langsung mengajak masyarakat agar bisa melaksanakan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS),” imbuhnya.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Balangan, Ainun Faridah juga mengatakan dengan adanya pelayan posyandu yang maksimal dan baik, diharapkan masyarakat dapat meningkat kesehatannya.

“Terutama untuk ibu hamil, bayi dan balita didesa, dan sesuai dengan isu nasional kita mengenai pencegahan stunting,” ucapnya

Kegiatan yang diikuti oleh kader posyandu dari seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Balangan ini disertai dengan lomba penyuluhan, lomba menyusun menu PMT, lomba joget balon, lomba yel-yel, lomba penimbangan dan lomba cerdas cermat. (jun/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...