Ada Wacana Akses Jalan Baru Menuju Bandara

Banjarmasin, KP – Wakil Ketua Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional Indonesia (Gapensi) Kalimantan Selatan, H Gusti Rusliansyah mengapresiasi langkah Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Kota Banjarbaru yang memikirkan akses jalan baru menuju Bandara Internasional Syamsuddin Noor.

“ Kami sangat mengapresiasi langkah pemerintah daerah dalam merespon aspirasi masyarakat, agar ada jalan baru untuk menuju Bandara Internasional Syamsuddin Noor itu,” sebutnya.

“Sebab  dengan kondisi jalan yang memutar seperti ini membuat masyarakat yang menuju terminal harus mengeluarkan biaya dan waktu relative banyak,” ujar Rusliansyah, saat dihubungi wartawan Senin.

Ia berharap Kementerian PUPR bersama Pemerintah Provinsi Kalsel dan Pemerintah Kota Banjarbaru melakukan berkoordinasi menyiapkan jalan akses baru.

Dimana jalan akses tersebut akan lebih menyederhanakan rute dan akan dijadikan jalan akses utama di waktu yang akan datang.

Apalagi, sambungpnya, berdasarkan informasi, ternyata jalan akses utama tersebut akan berada di sekitar Jalan A Yani Kilometer 29 dan langsung berujung di depan terminal baru Bandara Internasional Syamsuddin Noor dengan panjang kurang lebih hanya 3 kilometer, tentu sangat bagus dan harus didukung penuh.

Berita Lainnya
1 dari 458
Loading...

Untuk diketahui, dari hasil koordinasinya dengan Kementerian PUPR, proses pembebasan lahan diupayakan rampung pada tahun 2020 dan pengerjaan jalan dimulai tahun 2021.

Dimana pembebasan lahan dan desain jalan akses akan menjadi tanggung jawab Pemerintah Daerah di Kalsel termasuk Pemerintah Kota Banjarbaru, sedangkan pembangunan jalan akan menjadi tanggung jawab Balai Jalan Nasional di Kalsel.

Dikatakan, adapun desainnya perlu dikoordinasikan ke Pemprov Kalsel dengan Dirjen Bina Marga Kementrian PUPR, Komisi V dan Kementrian PUPR dianggarkan pembangunannya start di 2021.

Sedangkan untuk jalan akses yang sebelumnya sudah dibangunakan menjadi jalan alternatif menuju ke Bandara Internasional Syamsuddin Noor.

Sebelumnya, Kepala Bappeda Provinsi Kalsel, Nurul Fajar Desira membenarkan Pemerintah Pusat dan Provinsi Kalsel akan meupayakan terwujudnya jalan akses baru yang lebih representatif.

Walaupun Fajar, belum menyebutkan titik pasti lokasi akses jalan baru tersebut, namun ia sudah menyebutkan jalan akses baru tersebut direncanakan hanya akan sepanjang kuranglebih 3 kilometer dari akses Jalan A Yani. (hif-K-1)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya