Ansharuddin Imbau Warga Tetap Waspada Terhadap Banjir

Paringin, KP – Bupati Balangan H Ansharuddin tak henti-hentina mengimbau warga di daerahnya untuk tetap waspada terhadap kemungkinan terjadinya banjir saat intensitas curah hujan masih tinggi.

Ansharuddin mengingatkan kepada unsur-unsur yang berperan serta menganggulangi musibah bencana alam untuk siaga penuh. Pasalnya sekarang ini keadaan cuaca sudah tidak menentu alias ekstrim. “ Tingginya intensitas curah hujan, diharapkan para relawan dan unsur terkait dengan penanggulangan bencana harus sudah membuka mata dan waspada dengan keadaan cuaca yang tidak bisa ditebak,” ujar Ansharuddin, belum lama tadi.

Berita Lainnya
1 dari 1.232
Loading...

Menurut Anshar, bahwa daerah kita ini sebenarnya bukanlah daerah yang bebas bencana. Biasanya di musim penghujan yang curahnya tinggi, di wilayah kecamatan Halong, Juai, Awayan, Tebing Tinggi dan kecamatan Lampihong selalu terlanda banjir.

Diakui bupati, Pemerintah kabupaten (Pemkab) telah memiliki satuan pelaksana penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi (Satlak-PBP), yang bertugas untuk merumuskan kebijaksanaan, melaksanakan koordinasi dan pengendalian kegiatan penanggulangan bencana dan penanganan pengungsi dengan berpedoman kepada kebijaksanaan Bakornas-PBP dan Satkorlak-PBP, pada saat terjadi maupun sesudah terjadi bencana yang mencakup kegiatan pencegahan, penjinakan, penyelamatan, rehabilitasi dan rekontruksi.

“Dengan adanya Satlak PBP yang terdiri dari unsur satuan SAR, satuan tugas kesehatan, satuan tugas pekerjaan umum, satuan tugas sosial, satuan tugas ketentraman dan ketertiban, serta satuan tugas penanganan pengungsi, diharapkan semuanya dapat tertangani secara baik dan dapat dipertanggungjawabkan,” imbuhnya. (jun/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya