Kapolda dan Ketua DPRD Kalsel ‘Enggan’ Pukulkan Palu ke Satpam

Banjarmasin, KP – Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani dan Ketua DPRD, DR (HC) H Supian HK SH MH, ‘enggan’ (tidak mau) pukulkan palu ke balokan es yang ada di perut dan kepala salah satu anggota Satpam, Rabu (22/1).

Itu pada aksi ketangkasan pada kegiatan HUT Satpam (Hari Ulang Tahun Satuan Pengamanan) ke-39 Tahun 2020 di lapangan Apel Polda Kalsel, Rabu (22/1/2020).

Peringatan dengan tema diusung: “Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Kamtibmas yang Kondusif dan Terjaminnya Keamanan d Llingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju”.

Ketika itu, sejumlah anggota Satpam menunjukan kemampuannya dalam hal bela diri dan ketangguhan dalam ilmu kebatinan.

Selain kesiapan, kerapian gerak baris-berbaris, juga mematahkan balok es, bata dan tiga lapis besi baja, yang mendapat tepukan tangan para undangan.

“Kami mohon Pak Kapolda untuk memukulkan palunya,” ucap Kabagbinopsnal Dit Samapta Polda Kalsel, AKBP Toetoes Soerya Wahyoedi, yang juga selama ini sebagai Pelatih latihan Dalmas.

Namun, kapolda tidak bersedia. Dan hal sama, tidak ketika ditawarkan ke Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalsel, H Supian HK untuk memukulkan palu ke lapisan tiga balok es yang ada di perut dan kepala anggota Satpam. 

Akhirnya, saling tunjuk ke lain dan Karo Ops, Kombes Pol Isdiyono, berdiri dan memukulkan dua hingga tiga lapis balok itu hingga pecah.

Sementara Irjen Pol Yazid Fanani mengatakan, Satpam harus memiliki kualitas dan kemampuan yang optimal dalam penanganan gangguan keamanan di lingkungan kerja.

Berita Lainnya

Covid-19 Kalsel Naik 119 Orang

Kalimantan Post Berbagi Daging Kurban

1 dari 870
Loading...

Dikatakan, jasa pengamanan serta segenap stakeholders terkait beber kapolda, diingatkan untuk selalu profesional dalam bertugas.

“Ini karena eksistensinya semakin dirasakan manfaatnya masyarakat,” tambahnya.

Kapolda juga mengajak peserta upacara untuk mengenang dan mendoakan Kapolri ke-8, sekaligus Bapak Satpam Indonesia, (Alm) Jenderal Polisi (Purn) Prof Dr Awaloedin Djamin, yang telah berjasa besar dalam membentuk, mengembangkan dan memajukan satpam sebagai sebuah profesi yang luhur dan mulia.

“Kita sebagai generasi penerus, dapat senantiasa meneladani pengabdian, perjuangan, dan prestasinya dalam setiap pelaksanaan tugas,” jelasnya.

Sementara Ketua DPRD Kalsel, H Supian HK mengatakan, ketangguhan Satpam, sangat luar biasa sekarang ini dan memang harus profesional dalam tugasnya.

“Ini juga salah satu mitra utama Polri dalam pemeliharaan kamtibmas,” ujar Supian HK.

Sementara Ketua Asisoasi Badan Usaha Jasa Pengamanan Indonesia (Abujapi) Wilayah Kalsel, Supriyanto, mengatakan, anggota Satpam di Kalsel berjumlah 10.000 orang.

Itu, tergabung di Badan Usaha Jasa Pengamanan (BUJP).

Di Banjarmasin berjumlah 30 orang. sedang di daerah berjumlah 27.

“Nantinya BUJP ini melakukan pembinaan berkaitan dengan meningkatkan kompetensi berjenjang, yakni Pratama Madya dan Utama, serta ke depannya akan memperjuangkan kesejahteraan mereka,” terang Supriyanto. (K-2)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya