Tala Gelar Kontes Durian Unggul

Pelaihari, KP – Kepala Distanhorbun Tala Ahmad Mustadi menyelenggarakan kontes durian unggul lokal di Halaman Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Tanah Laut Senin (13/01)

Ahmad Mustadi menuturkan bahwa kontes durian yang digelar tersebut diikuti 65 peserta dari 9 kecamatan kecuali Kecamatan Bumi Makmur dan Kurau.

“Tanah Laut memiliki lebih dari 1.000 jenis durian yang tersebar di desa-desa,” ujarnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, nantinya juara 1, 2 dan 3 akan mewakili Kabupaten Tala dalam kontes durian yang akan diadakan di Kiram pada tanggal 18 Januari 2020 mendatang.

Kegiatan tersebut juga sebagai implementasi visi – misi Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tala dalam meningkatkan pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Selain itu juga untuk mencari kualitas durian lokal yang baik serta nantinya dijadikan maskot durian Kabupaten Tala yang bibitnya bisa dikembangkan lebih lanjut.

“Juara 1, 2 dan 3 Insha Allah pohonnya akan menjadi pohon induk yang akan dikembangkan menjadi bibit. Baik itu melalui okulasi maupun sambung pucuk,” jelasnya.

Berita Lainnya

Paman Birin Berikan Apresiasi ke Politala

1 dari 1.181
Loading...

Maka dari itu pihaknya berharap kepada para pemilik buah durian agar jangan menjual atau menebang pohon duriannya.

Sementara itu Bupati Tala H. Sukamta dalam sambutannya berharap dengan adanya kontes durian tersebut dapat memberi semangat dalam melestarikan buah durian di Tala.

“Buah durian di Tala memang berbeda dan cita rasanya adalah yang terbaik dari durian lain yang pernah saya cicipi,” ujar Sukamta.

Menurut Sukamta kualitas durian di Tala tidak kalah dengan durian di daerah lain. Terlebih harga durian di Tala relatif stabil.

“Saya kira durian bisa menjadi peningkatan pendapatan untuk rakyat Tala,” ucap orang nomor satu di Tala itu.

Untuk itu ia berharap buah durian bisa menjadi salah satu penghasilan bagi masyarakat, sebab durian sangat cocok dengan kondisi iklim serta kelembaban di Kabupaten Tala.

Kontes durian ini panitia mengumumkan Juara 1 diraih oleh Toniansyah dengan nama durian Tangkai Panjang, dari desa Bentok Darat Kecamatan Bati-Bati. Juara 2 atas nama Lamsani dengan nama durian Adangan, dari Panyipatan. Juara 3 atas nama Ahmad Salahudin dengan nama durian Simangkal, dari Asam-Asam. Sedangkan untuk Juara Harapan 1 diraih oleh Ipul Jurai dengan nama durian Rangga Malang, dari Tungkaran. Juara Harapan 2 atas nama Ibrahim dengan nama durian Tembaga, dari Atu-Atu, dan Juara Harapan 3 atas nama Syahri dengan nama durian Si Rabut, dari Pelaihari. (rzk/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya