Teuku Dahsya Kusuma Putra S.Sos MAP, Siap Jalankan Kasek Bawaslu Kalsel

Banjarmasin, KP – Sejak dilantik pada Senin lalu, tanggal 30 Desember 2019 bersama 29 Kepala Sekretariat (Kasek) Bawaslu tingkat Provinsi hasil ‘open bidding’ atau seleksi terbuka, Teuku Dahsya Kusuma Putra S.Sos MAP mengaku siap menjalankan amanah.

Ia juga berkomitmen untuk bisa menjalankan amanah yang baru diberikan kepadanya. “Ini merupakan amanah, serta mohon doa dan dukungan semua stakeholders guna persiapan Pemilu yang akan digelar di beberapa Kabupaten/Kota serta Provinsi Kalsel tahun 2020, sesuai amanat Sekjen Bawaslu RI,” katanya.

Menurutnya, Open bidding yang digelar Bawaslu juga bisa dipandang sebagai prestasi, karena Ibarat kontestasi pilkada, pelantikan sudah selesai. Baginya, tanpa ada politik uang, isu SARA menggunakan fasilitas negara bahkan mobilisasi ASN.

“Ini membuktikan mekanisme ‘open bidding’ bisa membuat kasek yang berasal dari Aceh bisa ke Papua. Ini menunjukkan seleksi kami sangat dinamis dan terbuka,” ujarnya.

Ia berasumsi dalam menjalankan tugas dan kewenangan. Kasek dituntut untuk tegas dan mengimplentasikan fakta integritas yang telah diucapkan.

Berita Lainnya
1 dari 1.385
Loading...

“Kasek juga harus dapat memahami UU Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, terlebih pejabat di lingkungan Bawaslu punya hak untuk menggunakan diskresi dalam menjalankan tugas dan kewenangannya. melihat tantangan pilkada 2020.” bebernya.

Bahkan ditambahkannya, tidak kalah penting, sosok Kasek harus mengetahui empat fungsi penting Bawaslu, yaitu pencegahan, pengawasan, penindakan, dan penyelesaian sengketa.

Pengambilan Sumpah Janji Pejabat Pimpinan Tingkat Pratama Kepala Sekretariat Bawaslu Tahun 2019 adalah bentuk implementasi UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum dan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 68 Tahun 2018 serta Perbawaslu Nomor 7 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Jenderal Badan Pengawas Umum, Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi, Sekretariat Badan Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten/Kota, dan Sekretariat Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan.

Berikut 29 nama kasek yang dilantik :

  1. Aldrin Arthur Christian Sulawesi Utara
  2. Anayanthy Sovianita Sulawesi Tengah.
  3. Anderson Riau
  4. Asmin Safari Lubis Banten,
  5. Awaluddin Sulawesi Barat,
  6. Benediktus Wahon Papua Barat,
  7. Dini Yamashita Lampung,
  8. Eliazar Barus Jawa Barat,
  9. Ida Bagus Putu Adinatha Bali,
  10. Ignasius Jani Nusa Tenggara Timur,
  11. Irwan Muhamar Saleh Maluku Utara,
  12. Jusuf Kalimantan Timur,
  13. Karnalis Kamaruddin Sumatra Barat,
  14. Kartini Tjandra Lestari Jawa Tengah.
  15. Lalu Ahmad Yani Nusa Tenggara Barat.
  16. Lopian Hidayat Bengkulu,
  17. Nasori Kalimantan Barat
  18. Nasuhaidi Jambi,
  19. Nikson Entengo Gorontalo,
  20. Nurbandi Latarissa Maluku,
  21. Rapiuddin Sulawesi Tenggara,
  22. Rinaldi Aulia Aceh,
  23. Roy Maryuna Siagian Siregar Bangka Belitung,
  24. Saiful Bahri Kalimantan Utara,
  25. Sapni Jawa Timur,
  26. Susilo Kalimantan Tengah
  27. T Dashya Kusuma Putra Kalimantan Selatan,
  28. Triyono DKI Jakarta,
  29. Yessy Yunius Kepulauan Riau.(vin/KPO-2)
loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya