UMKM Banua Harus Naik Kelas dan Menglobal

UMKM jangan hanya bermain dikerajinan saja seperti kripik atau batu akik tetapi harus bisa masuk kekomuditi unggulan hingga masuk inovasi teknologi, tegas Menteri Koperasi dan UMKM Teten Masduki.

BANJARMASIN, KP — MentEri Koperasi dan UMKM Teten Masduki selesai membuka kegiatan Apindo Expo 2020 dikawasan Siring Tendean mengatakan agar para pelaku UMKM yang ada di Kalsel ini bisa naik kelas dan sudah bisa menggelobal.

Bahkan pihaknya terus mendorong produk-produk UMKM ini sudah bisa ekpor sesuai permintaan Presiden RI Joko Widodo mulai dari produk berbasis hasil laut, buah segar, holtikultura, furniture namun hasil kualitas produksinya ditingkatkan lagi agar bisa menggelobal dan berimbas kepada perekonomian nasional.

“ UMKM kita jangan bermain dikerajinan saja seperti kripik, akik dan harus bisa masuk kekomuditi unggulan hingga masuk inovasi teknologi,” ingat Mentri

Apalagi pemerintah telah menyiapkan semuanya dari ekosistemnya, pembiayaan, kualitas produk hingga pengembangan usaha dan juga sudah disiapkan trading house kerja sama dengan Apindo nantinya untuk mendorong UMKM kecil-kecil diagregasi bisa masuk dipasar global.

“ Saya apresiasi Apindo yang memiliki pengalaman panjang dan sudah teruji sebagai sebuah asosiasi pengusaha yang mumpuni dan kita butuh pemerintah tidak bisa bekerja sendiri harus bekerja sama dengan asosiasi atau pengusaha,” tandasnya.

Kita harus samakan persefsi dalam pendidikan korikulum pokasi harus terus diupgrad pengusaha dan kamar dagang supaya lapangan kerja yang tersedia dengan suplay tenaga kerjanya.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor yang akrab disapa paman Birin, menyebutkan, UMKM mendorong perkembangan perekonomian khususnya dimenengah dari bawah tingkatkan terus daya saing UMKM banua agar bisa menasional dan gelobal.

Berita Lainnya
1 dari 794

Apa yang dilakukan Apindo pagi sangat luar biasa ini salah satu menggerakan perekonomian masyarakat khususnya UMKM yang terus bergerak dimasyarakat banua.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel H Supriadi menyebutkan, tema yang diangkat tahun ini APINDO UMKM Expo 2020 Bersama APINDO UMKM Bergerak Menuju Pasar Global, di Siring Menara Pandang digelar mulai tanggal 29 Januari sampai 2 Febuari 2020.

Hadirnya Menteri Koperasi UMKM, Ketua DPP Apindo pusat serta paman Biriri ini tentunya merupakan kebanggan bagi APINDO Kalsel maupun ratusan UMKM yang terlibat,” tegasnya.

Dalam kegiatan APINDO UMKM Expo 2020 ada kurang lebih 500 UMKM yang terlibat mereka nantinya akan memamerkan berbagai produk khas Kalsel kepada 30.000 orang yang datang.

UMKM yang hadir adalah dari seluruh kabupaten kota yang ada di Kalsel ada pun target perputaran uang UMKM selama kegiatan berlangsung ditarget mencapai Rp30 Miliar lebih,” tambahnya.

Selain APINDO UMKM Expo 2020, kegiatan nantinya juga akan di isi bermacam hiburan juga ada jalan santai hingga penganugrahan UMKM Award kepada 3 UMKM di Banua yang dianggap mampu membawa harum nama Banua.

Alhamdulillah semua kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan hari lahirnya APINDO yang ke 68 Tahun,” ungkapnya.

“ Kami berharap melalui berbagai kegiatan ini, UMKM di Banua bisa semakin maju, berkembang dan naik kelas seperti UMKM lainnya hingga bisa mendunia,” tutup juraga haji dan umroh ini. (hif/K-10)

Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL
loading...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya