Banjarmasin Buang Sampah ke TPA Regional Capai 900 Hingga 1000 Ton Perbulan

Apalagi setelah TPA regional ini diresmikan Presiden RI Jokowi Dodo serangkaian HPN beberapa waktu lalu, Pemko berkomitmen untuk tetap mengirimkan sampah ke TPA .

BANJARMASIN, KP – Meskipun sempat distop pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Regional Banjarbakula di Banjarbaru karena akses jalan, kini Pemko Banjarmasin mulai melakukan pembuangan dan walaupun belum maksimal beroperasi namun sejauh ini telah dimanfaatkan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin.

Apalagi setelah TPA Regional ini diresmikan Presiden RI Jokowi Dodo serangkaian Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Banjarmasin dan Banjarbaru beberapa waktu lalu, Pemko melalui DLH Kota Banjarmasin berkomitmen untuk tetap mengirimkan sampah ke TPA tersebut.

Pemanfaatan itu, sedikitnya DLH setiap bulannya telah membuang sampah 900 hingga 1.000 ton lebih. Menurut Kepala Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup Kota Banjarmasin Drs Marzuki kepada sejumlah wartawan, setiap harinya telah melakukan pengiriman pembuangan sampah ke TPA Regional Banjarbakula sebanyak 40 sampai 50 ton per harinya.

“Kalau kita kalkulasikan sekitar 900 ton lebih perbulannya dalam sehari 40 sampai 50 ton atau sebulannya bisa mencapai 1000 ton,’’ ujarnya kepada awak media, Rabu (13/2/2020).

Marzuki mengatakan, Kota Banjarmasin sebenarnya mendapatkan jatah sebesar 100 ton per harinya. Namun, karena armada angkutan sampah ke TPA Regional masih kurang, sehingga Kota Banjarmasin hanya mampu membuang sampah ke TPA Regional Banjarbakula sebesar 40 sampai 50 ton saja per harinya.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.761
Loading...

“Saat ini Kota Banjarmasin hanya memiliki armada angkutan sampah sebanyak 5 armada saja, untuk mengangkut sampah ke TPA Regional Banjarbakula,’’ ujar pria yang disapa Bang Jeck ini.

Dalam kesempatan ini, Marzuki juga mengatakan, meski saat ini hujan masih terjadi, namun untuk pengiriman sampah ke TPA Regional Banjarbakula dari Kota Banjarmasin tetap berjalan lancar.

“Meski hujan pengiriman sampah tetap dilakukan ke TPA Regional Banjarbakula yang dikelola oleh Pemerintah Provinsi Kalsel tersebut,’’ ucap Marzuki.

Ditambahkan Marzuki, pada saat pengiriman angkutan sampah dari Kota Banjarmasin selalu ditutupi dengan terpal. Sehingga, pengiriman aman sampai ke tujuan. Sedangkan untuk perbulannya Banjarmasin mampu menyumbangkan sampah hingga 900 ton.

Jack juga membeberkan, untuk saat ini Banjarmasin masih belum membayar retrebusi sampah, yang rencananya akan ada tarif retrebusi yang mencapai Rp7 miliar lebih pertahunnya. “Sekarang masih gratis, masih menunggu arahan kapan akan diberlakukannya pungutan retrebusi itu,’’ tuturnya.

Selain itu Jack juga menjelaskan, memasuki musim penghujan saat ini, tidak membuat penghalang bagi para pasukan armadanya dalam mengangkut sampah maupun mengirimkan sampah tersebut keTPA Banjarbakula. (vin/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya