BKPSDM Bartim Jaring Putra Putri Daerah Terbaik

Tamiang Layang,KP – Pemkab Barito Timur melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM ) kembali menjaring putra putri daerah terbaik tingkat sekolah menengah atas maupun madrasah, aliyah untuk bisa mengkuti pendidikan kedinasan atau ikatan dinas.

Plt BKPSDM Bartim John Wahyudi melalui via telpon , mengatakan, penjaringan seleksi dilaksanakan dengan sosialisasi program tahunan berupa sosialisasi penerimaan calon praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri di dua lokasi sekolah yakni pada SMAN 1 Awang Lapai di Hayaping Kecamatan Awang dan SMAN Paju Epat di Murutuwu Kecamatan Paju Epat.

“Tujuannya untuk menjaring pelajar kelas XI dan XII yang berminat masuk IPDN, maka Pemerintah Kabuaten Barito Timur melalui BKPSDM menyediakan dana untuk pembinaannya,” kata John Wahyudi, Kamis ( 13/2 )

Menurut john sosialisasi dilakukan agar putra dan putri Bartim dapat secara lebih jelas mengetahui mengenai tentang IPDN, syarat kualifikasi yang harus dipenuhi, serta bagaimana proses atau tahapan seleksi sehingga bisa menjadi Praja ( Mahasiswa ) IPDN

Proses seleksi calon praja IPDN dilakukan secara transparan oleh panitia pusat dari Kementerian Dalam Negeri. Seleksi pendaftaran dilaksanakan secara online dan mengunakan sistem computer assisted test (CAT) untuk seleksi kompetensi dasar(SKD). Tahapan tes selanjutnya yakni kesehatan, psikologi, dan kesemaptaan.

“Jadi bagi siswa siswi yang berkeinginan untuk melanjutkan pendidikan di IPDN agar mempersiapkan diri sebaik-baiknya, karma pendaftaran diperkirakan akan dimulai pada bulan Maret atau April,” terang John Wahyudi.

Menurut John, tim yang melaksanakan sosialisasi untuk penjaringan putra putri Bartim teraik juga menyampaikan, selama selama menempuh pendidikan di IPDN semuanya gratis dan setelah akan langsung diangkat menjadi CPNS.

“kami berharap agar putra putri Bartim dapat melihat prospek dalam kesempatan ini sebagai langkah awal meniti karier, serta untuk bisa mengabdikan diri sebagai birokrat yang handal di bidang Pemerintahan, tidak hanya untuk di tingkat daerah namun juga hingga tingkat pusat,”ungkap john

BKPSDM Bartim dalam hal ini selalu memfasilitasi bagi siapa saja yang ingin mengetahui informasi lebih lanjut tentang IPDN dan berkait penerimaan calon praja IPDN. BKPSDM juga terus mendorong dan memotivasi putra putri Bartim yang mempunyai keinginan besar untuk menempuh pendidikan di IPDN sehingga dapat menjadi agen perubahan birokrat yang handal, kompeten dan profesional. (vna/K-10)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...