Bupati Tapin Hadiri Musrenbang Regional Kalimantan di Pontianak

Rantau, KP – Kabupaten Tapin yang wailayahnya terletak di provinsi Kalimantan Selatan dan menjadi salah satu wilayah strategis untuk menuju Ibukota Negara yang baru di kabupaten Panajam Paser Utara dan Kutai Kertanegara Kalimantan Tapin.

Untuk menyiapkan kawasan strategis menuju ibukota negara baru, kabupaten Tapin terus melakukan pembangunan baik itu Infrastruktur maupun Sumber Daya Manusia.

Pembangunan yang akan dituju kedepan nampaknya sejalan dengan keinginan pemerintah pusat yang terungkap pada saat pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Regional se Kalimantan 2020 yang turut dihadiri oleh bupati Tapin Drs. HM. Artifin Arpan, MM, yang dilaksanakan di Pendopo Gubernur Kalbar belum lama tadi di Pontianak.

Ketua Panitia Musyarawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Regional Kalimantan, Yuslinda menerangkan penyelenggaraan Musrenbang bertujuan untuk mengejar pembangunan di Pulau Kalimantan dari pulau-pulau lain di Indonesia.

Kegiatan ini langsung dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, turut dihadiri oleh Gubernur kalsel H Sahbirin Noor, Bupati Tapin HM Arifin Arpan, dan Kepala Daerah Se kalimantan.

Menurut Mendagri Tito Karnavian bahwa Musrembang Regional Kalimantan yang tahun ini dituan rumahi oleh Kalbar sangat penting. Sebab, musrenbang menjadi forum untuk mencanangkan program pembangunan nasional untuk tahun 2021 kedepan.

“ Ini adalah acara penting, rencana pembangunan 2021 memang harus dibicarakan sekarang dan ini akan disodorkan di Bappenas. Supaya pagu indikatif bisa dirumuskan, kemudian apa yang akan dibuat programnya dan uangnya ngikutin,” ujarnya.

Dia berharap, lewat Musrenbang Regional Kalimantan ini, program yang dicitakan Pemerintah Daerah se Kalimantan bisa masuk dalam rencana kerja Pemerintah nasional tahun 2021.

Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan mengatakan bahwa saat ini di Kabupaten Tapin mulai bersiap baik itu Infrastruktur maupun sumber daya manusia, hal ini karena Kabupaten Tapin sendiri merupakan salah satu wilayah yang dilewati masyarakat menuju Ibukota baru di Kaltim.

“Tapin menjadi wilayah yang dekat dari Ibukota RI kedepan maka sudah sepatutnya mulai berbenah,” ujarnya

Ditambahkan Bupati juga bahwa belum lama ini Kabupaten Tapin meresmikan jembatan penghubung antar Kabupaten Tapin oleh menteri PUPR RI, yang mana hal ini akan berdampak kepada perekonomian masyarakat di daerah ini.

“Kita akan selalu berkoordinasi dan bersinergitas dengan pemerintah pusat agar arah pembangunan di daerah dapat berjalan baik,” pungkasnya. (rel/K-6)

Loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

loading...