Bupati Tapin Saksikan Peresmian Jembatan Sungai Putting

Rantau, KP – Bupati Tapin Drs. HM. Arifin Arpan, MM hadiri dan saksikan langsung peresmian jembatan sungai Puting di Margasari kecamatan Candi Laras Utara (CLU) kabupaten Tapin.

Jembatan Sungai Puting yang menghubungkan Kabupaten Tapin dan Kabupaten Batola (Marabahan) dan berada di atas kawasan kanal angkutan tambang batubara yang pembiayaannya dibangun oleh pihak PT. Antang Gunung Meratus (PT. AGM).

Jembatan ini meru[pakan jalan trans Kalimantan poros Selatan yang menghubungkan Kota Banjarmasin, Batola, Tapin menuju kawasan Hulu Sungai lainnya hingga kota-kota di Kalteng dan Kaltim sehingga melalui jembatan di Sungai Puting kecamatan Candi Laras Utara kabupaten Tapin ini akan segera terhubung.

Selama ini transportasi atau angkutan darat baik dari Banjarmasin, Batola hingga Tapin tersendat karena di kawasan sungai puting ada sebuah kanal atau sungai yang dipergunakan sebagai angkutan hasil tambang batubara.

Dan untuk melalui kawasan kanal atau sungai sebelumnya harus menggunakan Fery penyeberangan yang disediakan oleh pihak PT. Antang Gunung Meratus .

Berita Lainnya
1 dari 1.128
Loading...

Pembangunan jembatan sungai puting menggunakan dana Corporate Sosial Responsibility (CSR) PT Antang Gunung Meratus total sebesar 70 Milliar rupiah dengan waktu pekerjaan selama 18 bulan.

“Pembangunan Jembatan Sungai Puting ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung perusahaan PT AGM kepada masyarakat lingkungan sekitar khususnya Kabupaten Tapin,” ungkap bupati Tapin HM. Arifin Arpan usai peresmian jembatan Sabtu (8/2/2020) lalu yang dilakukan oleh menteri PUPR Basuki Hadi Muljono.

Diterangkanya bahwa pembangunan jembatan dengan ukuran total panjang 393 meter, bentang utama 60 meter dengan tinggi 6 meter ini merupakan suatu kebanggan bagi kita semua mengingat pembangunannya juga dilakukan melalui pihak ketiga yakni PT. AGM.

Menurut Bupati Tapin kedepan kawasan Margasari ini yang terdiri dari dua kecamatan yakni kecamatan Candi Laras Selatan (CLS) dan Candi Laras Utara (CLU) punya potensi untuk jadi kabuapaten baru di daerah ini mengingat sudah banyak fasilitas infrastruktur yang di bangun, misalnya jalan tembus poros Selatan yang menghubungkan Banjarmasin, Batola, Tapin dan bahkan provinsi Kalteng.

Sementara itu Menteri PUPR Basuki Hadi Muljono mengungkapkan perasaan senang dan bangganya dengan adanya pembangunan jembatan di kawasan ini dan terlebih lagi pembangunannya melalui CSR perusahaan tambang baru bara.

“Kita merasa bangga dan senang ternyata di kawasan ini ada salah satu perusahaan tambang yang mampu membangunan jembatan dan jalan overpass dengan dana dan biaya melalui CSR nya,” pungkas menteri PUPR. (ari/K-6)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya