Dewan Siap Evaluasi Penyerapan Anggaran Per Triwulan

Penyerapan anggaran patut dievaluasi guna melihat sampai sejauhmana kesiapan SOPD sesuai mitra komisi masing-masing merealisasikan sejumlah perencanaan atau kegiatan yang telah diprogram dalam tahun ini.

BANJARMASIN, KP – DPRD Kota Banjarmasin berjanji akan secara rutin per triwulan melakukan evaluasi penyerapan anggaran tahun 2020 yang telah dialokasikan untuk Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

Menurut Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin Tugiatno kepada KP, Selasa (4/2/2020), penyerapan anggaran patut dievaluasi guna melihat sampai sejauhmana kesiapan SOPD sesuai mitra komisi masing-masing merealisasikan sejumlah perencanaan atau kegiatan yang telah diprogram dalam tahun ini.

“Terlebih khusus berkenaan kesiapan terhadap berbagai proyek yang menyangkut kepentingan masyarakat. Seperti pembangunan atau perbaikan infrastruktur, bidang kesehatan, pendidikan dan proyek-proyek lainnya,’’’ujarnya.

Terkait pelaksanaan penyerapan anggaran tersebut, Tugiatno berharap paling lambat akhir Maret setiap SOPD sudah melakukan persiapan tahapan tender atau lelang proyek harusnya sudah dapat dilaksanakan.

Berita Lainnya

Metode pembelajaran Inovatif Kunci ABK

Guru dan Penulis Tanbu Apresiasi e-book iKalsel

1 dari 1.761
Loading...

Hal itu diingatkan, karena berdasarkan evaluasi terhadap penyerapan anggaran pada tahun-tahun sebelumnya ada sejumlah proyek yang sebelumnya sudah diprogramkan gagal direalisasikan oleh SOPD.

“Salah satu penyebabnya karana diketahui ada SOPD selaku pengguna anggaran terlalu lamban melakukan proses tender,’’ kata unsur pimpinan dewan dari PDIP ini.

Pada bagian lain Tugiatno mengusulkan, terkait penyerapan anggaran agar Pemko Banjarmasin membentuk tim evaluasi. Tujuannya adalah selain untuk memacu SOPD juga untuk memberikan masukan serta arahan jika ada SOPD yang mengalami hambatan dalam melaksanakan penyerapan anggaran.

Ditegaskannya, memaksimalkan penyerapan anggaran adalah menjadi keinginan bersama dalam melaksanakan pembangunan daerah. “Apalagi jika pekerjaan proyek itu secara langsung memiliki azas manfaat bagi kepentingan masyarakat,’’ tandasnya.

Lebih jauh ia menilai, keberhasilan dalam penyerapan anggaran dan berhasil merealisasikan setiap program yang direncanakan secara tidak langsung akan memberikan penilaian positif terhadap kinerja dari SOPD tersebut. (nid/K-5)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya