Jelang Diresmikan, Fasilitas Bandara HM Sidik Belum Rampung

Muara Teweh, KP – Jelang peresmian Bandar Udara H Muhammad Sidik yang berada di Desa Trinsing, Kecamatan Teweh Selatan, Kabupaten Barito Utara (Barut), ternyata masih banyak fasilitas pendukung yang belum rampung.

Terkait hal itu pihak Unit Pelaksana Bandar Udara (UPBU) Beringin selaku penanggungjawab dituntut untuk lebih serius, sungguh-sungguh, dan kerja keras, karena ternyata banyak fasilitas pendukung bandara, terutama keamanan dan keselamatan belum rampung.

Pantauan KP di lapangan, Kamis (20/2) terlihat pembangunan bandara baru terlihat dua orang tukang sedang memasang pipa di dekat gedung pemadam, sedangkan tiga tukang bekerja di lokasi tanggul penanggulangan longsor, selain itu tidak ada lagi terlihat aktivitas lainnya.

“Saya dengar, tanggal 24-26 Februari nanti ada tim lagi dari Jakarta untuk datang mengecek,” kata seorang Securuti Bandara HM Sidik.

Berita Lainnya

KPU Barut Umumkan DPS Pilkada 2020

1 dari 505
Loading...

Selain runway dan ruang penumpang, pekerjaan yang belum rampung adalah lahan parkir, tanggul pengaman longsor, pagar pembatas keliling, pipa jaringan air, dan taman di depan apron. Khusus tanggul pengaman longsor bernilai Rp13 M lebih pekerjaannya sudah lewat batas waktu 100 hari.

Kapan persisnya Bandara HM Sidik diresmikan dan soal kelanjutan proyek fasilitas pendukung tersebut, belum ada pihak resmi memberikan keterangan. Kepala UPBU Beringin Muara Teweh Djarot Nugroho menghindar dari wartawan, Rabu (19/2) ketika hendak, dikonfirmasi.

“Saya mau cepat-cepat menemui Kadishub Barut, karena sudah ditunggu,” kata pria berkepala plontos itu.

Sebelumnya diwartakan, Tim Direktorat Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan RI, segera memverifikasi Bandara HM Sidik Januari 2020. Sebelum bandara operasional, ada beberapa tahapan yang harus dilalui, termasuk verifikasi dari Kemenhub yang akan dilaksanakan oleh tiga direktorat, yaitu direktorat bandar udara, direktorat keamanan penerbangan, dan navigasi.

Proses verifikasi meliputi sisi udara seperti runway, taxiway, apron, dan peralatan pendukung lainnya. Sedangkan sisi darat mencakup verifikasi seluruh peralatan keamanan, servis atau pelayanan, keselamatan penerbangan, dan verifikasi terminal.(asa/K-10)

loading...
Berlangganan via E-MAIL
Berlangganan via E-MAIL

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan Kecepatan Akses Anda. Silahkan Anda Setujui atau Abaikan saja.. Terima Selengkapnya